3 Jenis Klien Buku Tahunan Sekolah

Setiap pembuat buku tahunan sekolah, termasuk Abankirenk, akan menemui calon klien dan klien yang sangat beragam. Sebagai pembuat buku tahunan sekolah, terutama marketing, harus bisa mengenali kriteria si klien untuk menentukan bagaimana cara menghadapi klien tersebut. Kalau salah mengenali kriteria klien dan menentukan cara menghadapi klien tersebut, yang ada nanti bakal runyam dan bisa-bisa gagal.

Emang gimana aja sih klien buku tahunan sekolah ini?

  1. Klien dengan spesifikasi secukupnya

Klien yang ini merupakan klien yang paling mudah dihadapi. Nggak banyak minta, yang penting buku tahunan sekolahnya ada, hasilnya sesuai dengan yang dijanjikan, dan bisa dibagikan tepat waktu. Konsep, spesifikasi, dan lain-lainnya ngikut sesuai dengan saran dari pembuat buku tahunan sekolah. Klien macam ini selalu membuat bahagia nih 😀

  1. Klien dengan spesifikasi yang disesuaikan dengan budget

Sebenernya klien ini gampang-gampang susah. Kok bisa? Klien ini sebenernya gampang karena dia udah punya batasan, yaitu budget dia sendiri, sehingga pembuat buku tahunan sekolahnya bisa memberikan penawaran yang sesuai dengan kemauan dia. Selain itu, karena harganya masih masuk di budget yang ia miliki, (seharusnya) pembayaran buku tahunan sekolahnya pun juga lebih mudah dan sesuai dengan jadwal. Kesulitannya hanya apabila budget yang ia inginkan terlalu rendah. Susah kan membuat barang dengan kualitas yang masih memenuhi standar tapi harganya sangat murah?

  1. Klien dengan spesifikasi tinggi tapi harga murah

Klien jenis ini adalah klien yang paling ngerepotin. Semua orang tentu menginginkan harga produk (apapun) yang murah namun kualitasnya baik. Boleh aja sih, masih ada juga yang bisa menyediakan barang bagus dengan harga yang agak miring. Tapi kalo harga yang dimau jauh banget di bawah rata-rata harga seharusnya, ini bikin repot. Kita bisa aja kasih spesifikasi setinggi langit, tapi kalo suruh kasih harga setengah dari harga seharusnya, ya namanya bunuh diri. Nawar dan cari harga yang murah sih boleh aja, tapi jangan mencoba membunuh perlahan gitu….

No Comment

leave a Comment

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.