Bagaimana Cara Menentukan Spesifikasi Buku Tahunan Sekolah?

Membuat buku tahunan sekolah menjadi salah satu kebutuhan temen-temen yang saat ini duduk di kelas 3 SMA. Menuju kelulusan, akan ada kenangan yang di bawa. Selain kenangan-kenangan manis yang terekam, kamu juga akan membawa kenangan yang tersimpan dalam buku tahunan sekolah kamu.

Langkah pertama dalam pembuatan buku tahunan sekolah adalah menentukan spesifikasi buku tahunan sekolah yang ingin kamu buat. Spesifikasi buku tahunan sekolah ini meliputi besar buku, jumlah halaman, jumlah pemesanan, dan fitur tambahan yang digunakan, seperti pop up, packaging, atau penggantian material cover.

Kok banyak? Bingung kak gimana nentuin spesifikasinya buku tahunan sekolahnya gimana? Gampang aja, kamu tinggal dateng ke seluruh calon pembuat buku tahunan sekolah yang akan kamu gunakan. Ketika sedang bertemu dengan marketing pembuat buku tahunan sekolah, kamu sebutkan jumlah pemesanan kamu, budget maksimal buku tahunan sekolah kamu, dan fitur tambahan yang kira-kira ingin kamu gunakan. Kalau kamu masih belum tau menggunakan fitur tambahan buku tahunan sekolah yang ingin kamu pakai, kamu bisa minta saran kepada pembuat buku tahunan sekolah fitur apa yang bisa kamu gunakan. Kamu bisa sebutkan, apakah kamu lebih suka menggunakan pop up, packaging, atau penggantian material cover buku tahunan sekolah kamu.

Kalau kamu sudah menentukan budget dan jumlah pemesanan buku tahunan sekolah kamu, pembuat buku tahunan sekolah tersebut akan memberikan penawaran spesifikasi berdasarkan informasi yang kamu berikan tadi. Dari situ, kamu bisa bandingkan pembuat buku tahunan sekolah mana yang akan kamu gunakan, kamu dapet 2 deh.

Kalau misalnya kamu ingin menentukan sendiri, kamu bisa buat pertanyaan berikut:

  1. Kamu ingin buku tahunan sebesar apa, apakah kecil, sedang, atau besar? Semakin besar tentu semakin mahal, tapi ya buku tahunan sekolah kamu besar gitu 😀 Hal ini bisa kamu sesuaikan dengan jumlah halaman.
  2. Berapa jumlah halaman yang kira-kira kamu perlukan. Hal yang paling dasar bisa kamu gunakan adalah membagi jumlah siswa angkatan kamu dengan jumlah anggota per kelompok foto. Apabila buku tahunan sekolah kamu besar, satu kelompok bisa hingga 7 atau 8 orang. Tapi kalau kamu menggunakan buku tahunan sekolah yang kecil, sebaiknya jumalh anggota per kelompok foto 5 orang saja. Misal jumlah angkatan kamu 300 dan jumlah anggota per kelompok 5 orang, maka kamu butuh 60 halaman untuk foto kelompok saja. Tambahkan lagi halaman untuk sekolah, sambutan, guru, foto angkatan, foto ekskul, foto biodata, snapshot, behind the scene, dan lain sebagainya yang ingin kamu tambahkan.
  3. Fitur tambahan apa yang kamu ingin gunakan? Apakah untuk menyimpan buku, yaitu packaging? Apakah untuk membuat buku tahunan kamu tampak lucu dengan pop up? Atau mengganti material cover buku tahunan sekolah kamu?

Jumlah pemesanan tentu bisa kamu tentukan berdasarkan jumlah siswa satu angkatan dan yang akan membeli buku tahunan sekolah. Beberapa sekolah memesan buku tahunan sekolah sedikit lebih banyak dari siswa seangkatan yang akan digunakan untuk keperluan sekolah. Kalau memang memungkinkan, kamu bisa lakukan hal tersebut juga.

Untuk fitur tambahan, kamu bisa cek di website Abankirenk beberapa contoh dari fitur tambahan pada buku tahunan sekolah yang bisa kamu gunakan. Selamat membuat buku tahunan sekolah!

3 Comments

leave a Comment

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.