Berapa Lama Waktu Pembuatan Buku Tahunan Sekolah?

Proses pembuatan buku tahunan emang nggak sebentar, prosesnya cukup memakan waktu. Kadang pada bingung, kapan sih kita harus mulai bikin buku tahunan? Semester 2 kelas 3, nanti jadinya nggak pas, semester 1 kelas 3 masih ngurusin ini itu, pas kelas 2 kecepetan. Terus mau kapan dong?

Sebenernya bisa dilihat dari kapan target jadi buku tahunan kamu. Bingung kak gimana bisa kasih target kapan jadi buku tahunannya kalo belom mulai? Gampangnya, kita bikin kapan buku tahunan bakal dibagi. Beberapa sekolah ada yang membagi buku tahunannya saat wisuda sekolah. Ada juga yang membagi saat prom. Nah, kamu bisa pilih waktu yang pas untuk pembagian buku tahunan kamu. Tapi kan belom tau tanggalnya kak? Tanggalnya emang belum pasti, tapi bisa dikira-kira dulu kan. Pekiraan tanggalnya bisa dilihat dari prom atau wisuda yang diadain kakak kelas kamu. Kamu bisa patok tanggal di sekitar tanggal prom atau wisuda kakak kelas kamu. Misalnya mereka prom atau wisuda tanggal 23 Juni, bikin aja patokan sekitar 20 – 25 Juni.

Kalo udah tau tanggalnya, kamu bisa perkirakan nih harus mulai pesen kapan. Proses pembuatan buku tahunan sendiri sekitar 6 bulan. Enam bulan ini mulai dari deal kontrak sampai buku diberikan ke klien. Belum termasuk proses cari yearbook organizer nya ya. Jadi, bisa dikira-kira sendiri nih kalo ditambah proses nyari yearbook organizernya jadi butuh waktu berapa lama.

Proses pembuatan buku tahunan sendiri terdiri dari pembuatan konsep, pengambilan foto, desain dan cetak. Pembuatan konsep ini berupa pembuatan konsep secara detail. Saat presentasi awal, Abankirenk akan memberikan gambaran konsep secara besar, setelah deal, akan dibahas lebih lanjut konsep detail hingga ke konsep foto masing-masing kelas. Pembuatan konsep ini bisa sangat fleksibel, tergantung dari keinginan klien.

Proses pengambilan foto ini memakan waktu sekitar 10 hari. Ada sekolah yang mengambil jadwal foto selama 10 hari berturut-turut, tapi ada juga yang mengambil jadwal tidak berturut-turut, sesuai jadwal kosong masing-masing kelas atau anak. Lebih enak kalau misal diambil secara berturut-turut karena akan mempercepat proses pembuatan buku tahunan itu sendiri. Kalau misal diambil sesuai jadwal kosong masing-masing kelas atau anak tentu bakal lebih lama. Lagian menyempatkan foto buku tahunan sekali-sekali doang juga nggak bakal bikin rugi banget kok 😉

Proses selanjutnya adalah proses pembuatan desain. Rata-rata pembuatan desain ini memakan waktu 1-2 bulan. Kalau proses desain dilakukan pada saat peak time, seperti bulan februari-april, proses desain pasti akan lebih lama. Tapi kalau dilakukan pada bulan desember-januari, proses desain akan lebih cepat karena antrian untuk desain tidak terlalu banyak. Selain itu, ada baiknya saat temen-temen punya gambaran jelas desain seperti apa yang diinginkan, terutama yang ingin desain agak rumit. Abankirenk akan memberikan waktu untuk revisi desain, tapi tentu saja revisi desain juga akan memakan waktu lagi, sehingga proses pembuatan buku tahunannya bisa lebih lama. Selain itu, dicek juga data dari masing-masing anak apakah ada kesalahan penulisan. Karena desainer belum tentu tahu bahwa terjadi kesalahan penulisan, jadi ada baiknya ketika dicek terlebih dahulu. Semakin detail penjelasan atau gambaran desain yang diinginkan, semakin sedikit revisi yang dilakukan, semakin cepat proses desain buku tahunannya 😀

Nah proses yang terakhir adalah proses cetak. Sebelum file dimasukkan ke dalam percetakan, sudah dipastikan terlebih dahulu oleh klien bahwa tidak ada kesalahan atau kekurangan dari sisi desain lagi. Setelah itu, klien hanya perlu menunggu, dan tentu saja melunasi pembayaran :p, sampai buku selesai cetek. Biasanya proses cetak memakan waktu 2-3 bulan.

Kalo temen-temen udah punya target kapan buku bakal dibagikan, temen-temen udah tau kapan harus mulai bikin buku tahunannya kan? Kalo saran dari kami sih, mulai bentuk panitia kecil dari semester 2 kelas 2 akhir, sekitar bulan juni atau juli, lalu dilanjutkan dengan cari yearbook organizernya. Kalo udah dapet, temen-temen bisa jalan tanpa keburu-buru target buku jadi. Good luck buat temen-temen yang lagi proses bikin buku tahunan. Semoga hasilnya memuaskan 😀

No Comment

leave a Comment

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.