Hal yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Memutuskan Membuat Buku Tahunan Sekolah

Sebelum angkatanmu membuat Buku Tahunan Sekolah, ada hal- hal penting yang harus disiapkan. Ngga cuma tiba- tiba langsung take foto, produksi, dan langsung jadi, tapi pasti ada alurnya. Ada beberapa proses yang perlu kamu dan temen- temenmu siapkan. Apa aja ya kira- kira?

  1. Bentuklah Panitia

Sebuah event ngga akan berlangsung kalo ngga ada panitianya. Baik itu event di Sekolah ataupun berbagai event- event lainnya diluar sana. Karena, awal dari sebuah event adalah terbentuknya panitia.  Begitu juga pembuatan Buku Tahunan Sekolah, ngga akan jalan kalo ngga ada panitianya. Setelah panitia terbentuk, pasti akan mudah untuk  menentukan langkah selanjutnya.

  1. Sosialisasikan ke Teman Angkatanmu

Setelah panitia terbentuk, langkah selanjutnya yaitu dengan mensosialisasikan ke teman- temanmu yang non-panitia. Presentasikan kepada mereka, kalo angkatanmu akan membuat Buku Tahunan Sekolah. Kalo bisa sih, di setiap kelas ada perwakilan untuk  jadi panitia buku tahunan, biar memudahkan untuk tahap sosialisasi ini. Tanyakan kepada mereka, spesifikasi buku tahunan apa yang mereka  pengen. Supaya memudahkan temen- temen panitia juga dalam mebuat konsep buku tahunan yang ingin dibuat.

  1. Meminta Persetujuan Pihak Sekolah

Bentuk panitia udah, sosialisasi ke temen- temen angkatan  juga udah, berarti sekarang saatnya minta persetujuan pihak Sekolah. Ngga mungkin kan, tiba- tiba kamu begitu aja bikin, tapi pihak sekolah sendiri ngga ada yang tau. Ketua BTS mu dengan wakilnya akan menghadap pihak Sekolah, biasanya ngga langsung ke Kepala Sekolah, tapi melalui  Bidang Kesiswaan terlebih dahulu.

  1. Menentukan EO

Kalo persetujuan dari pihak Sekolah udah kamu kantongin, sekarang saatnya mentukan EO yang ingin kamu ajak kerjasama.  Buat list bersama temen- temen panitia,  EO mana yang akan kamu jadikan kandidat, kandidatnya jangan hanya 1 tapi beberapa, misalnya 5. Setelah itu, hubungi EO tersebut dan mintalah mereka untuk presentasi di Sekolahmu.

  1. Mencari Sponsor

Setelah  terpilih EO mana yang akan kalian gunakan, boleh loh kamu mencari Sponsor untuk Buku Tahunan Sekolahmu. Pertama kamu harus siapkan dulu proposalnya. But, the first at all adalah kamu sudah memfixed kan dengan EO mu, buku tahunan apa yang ingin kamu buat, bagaimana spesifikasinya, mulai dari jumlah halaman, fitur pendukung seperti pop art, jumlah pemesanan, harga buku, dan lain- lain.  Setelah itu kamu masukkan rincian budget  yang kamu butuhkan tersebut untuk membuat Buku Tahunan Sekolahmu kedalam proposal. Setelah itu, kamu apply proposal tersebut ke beberapa Perusahaan, seperti Lembaga Pendidikan, tempat les, Bank, dan lain- lain. Kamu juga bisa ko, mengajukan sponsor ke abankirenk 😀 Kalo kamu berhasil dapet sponsor, lumayan loh kamu bisa membuat Buku Tahunan Sekolah tanpa mengelurakan uang sepeser pun hehe. J

Itu dia hal yang harus kamu siapkan sebelum kamu membuat Buku Tahunan Sekolahmu. Semoga bermanfaat J

No Comment

leave a Comment

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.