Mengenal Lebih Dekat Mas Haryo Bagus

Kemaren kita udah sempet kenalan dengan fotografer Abankirenk, Kak Rifky. Kali ini, kita akan kenal lebih jauh lagi, masih dengan fotografer Abankirenk, tapi kali ini fotografer Abankirenk Jakarta, Mas Haryo Bagus.

Q: Gimana sih awalnya Kak Haryo jadi fotografer?

Dari saya smp saya suka melihat pameran foto, lukisan, patung, pokoknya hal-hal yang berbau seni tapi hanya sebatas penikmat seni. Lalu suatu saat saya pernah bertemu dengan seseorang yang saya kagumi dia berkata “dari pada hanya menikmati seni cobalah membuat karya seni yang bisa di nikmati oleh orang lain“ dari situ saya berpikir untuk mengabadikan sebuah karya seni dalam sebuah gambar yaitu fotografi.

Q: Kenapa akhirnya memutuskan menyusuri bidang ini?

Karena saya terlanjur jatuh cinta dengan dunia fotografi, selain asik saya bisa menuangkan ekspresi diri kedalam sebuah karya yang bisa dinikmati oleh saya sendiri maupun orang banyak, dan menurut saya pribadi fotografi adalah sebuah hobi. Bukankah pekerjaan yang menyenangkan adalah hobi yang dibayar? J “keep calm and snap on”

Q: Siapa yang menjadi motivasi Kak Haryo?

Om Roy Genggam, beliau adalah sosok fotografer komersil yang saya kagumi selain mengajarkan banyak ilmu tentang fotografi, dia juga mengajarkan tentang attitude sebagai seorang fotografer, bukan hanya mengajarkan membuat foto yang bagus tapi Om Roy selalu mengajarkan caranya membuat foto dengan baik dan benar. “Foto yang bagus belum tentu bener tapi kalau foto yang bener udah pasti bagus” – Haryo Bagus Prabowo

Q: Apa sih yang menarik di bidang fotografi yang tidak ditemukan di bidang lain?

Menurut saya yang menarik dan tidak bisa di temukan di bidang lain adalah KEBEBASAN. Kebebasan berekspresi untuk menyampaikan sebuah karya yang dapat dinikmati saya sendiri dan orang lain. Karena foto bisa memberi artian berbeda kepada setiap orang yang melihatnya.

Q: Kesulitan apa yang pernah dijumpai di dunia fotografi?

Yang paling sering adalah ketika saya di hadapkan dengan dunia industri kadang-kadang idealis kita dalam membuat sebuah karya dibatasi. Tapi bagaimanapun itu kita harus membuat foto itu sebaik mungkin.

Q: Inspirasi biasanya dateng dari mana sih mas?

Bisa darimana saja, saat saya di jalan, atau melihat keseharian orang di lingkungan saya, saat mendengarkan music, membaca buku, ataupun isue yang berkembang saat ini, semua bisa mendatangkan ide atau inspirasi.

Q: Pernah macet ide nggak mas? Kalau iya gimana ngatasinnya?

Pernah banget, biasanya yang saya lakukan adalah pergi ketempat yang tenang atau tempat yang belum pernah saya datangi lalu saya meluangkan waktu untuk diri saya sendiri, biasanya setelah saya kembali pasti menemukan sesuatu yang baru.

Q: Kalo masuk di abankirenk sendiri awalnya gimana mas?

Waktu masih kuliah diajakin sama temen buat motret di abankirenk, akhirnya ikut gabung sampai sekarang

Q: Gimana kesannya setelah gabung sama Abankirenk?

Seru banget kakak 😀 Anaknya asik-asik, selain itu disini saya dapet banyak pengalaman.

Q: Masih ada yang ingin dikembangkan nggak?

Banyak,  karena saya merasa masih banyak yang belum saya ketahui di bidang fotografi.

Q: Terakhir nih, apa pesen buat temen-temen pelajar?

Terus berkarya, jangan mudah menyerah, bikin sesuatu yang baru. Karena sebuah hasih tidak pernah mengkhianati prosesnya. “WORK HARD AND STAY HUMBLE” J

portofolio-haryo-bagus-abankirenk-1

portofolio-haryo-bagus-abankirenk-3

portofolio-haryo-bagus-abankirenk-4

portofolio-haryo-bagus-abankirenk-5

portofolio-haryo-bagus-abankirenk-6

portofolio-haryo-bagus-abankirenk-7

portofolio-haryo-bagus-abankirenk-2

 

 

 

No Comment

leave a Comment

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.