Proses Cetak Buku Tahunan Sekolah

Proses cetak buku tahunan sekolah diawali dengan desain buku tahunan sekolah terlebih dahulu. Sebelum memasuki proses cetak buku tahunan sekolah, desain buku tahunan sekolah sudah harus dipastikan sudah fix dan tidak ada perubahan lagi. Revisi desain sudah selesai dan sudah dipastikan bahwa data dan konten dalam buku tahunan sekolah sudah sesuai dengan keinginan klien. Hal tersebut ditandai dengan adanya surat order cetak yang diberikan oleh creative produksi kepada divisi cetak yang di atasnya terdapat pernyataan dari creative dan klien bahwa file tersebut sudah hasil akhir dan tidak ada kesalahan atau kekurangan di atasnya.

Kenapa ada tanda tangan creative dan tanda tangan klien? Karena file tersebut merupakan tanggung jawab klien dan tanggung jawab creative. Sebelum menandatangani surat order, kamu harus benar-benar memastikan bahwa file tersebut merupakan file akhir yang di dalamnya sudah tidak ada kesalahan, baik kesalahan penulisan, peletakan biodata, maupun kesalahan foto yang digunakan. Kalau misalnya setelah cetak terjadi kesalahan, maka kesalahan tersebut tidak dapat dibebankan kepada Abankirenk.

Setelah surat order ditandatangani, selanjutnya adalah menyerahkan surat order kepada divisi cetak. Divisi cetak ini akan menjadwalkan kapan file ini akan dicetak. Tentu saja tidak bisa semena-mena langsung mencetak karena masih buku yang seharusnya dicetak tidak hanya 1 sekolah saja, tapi ada banyak sekolah lain sehingga perlu penjadwalan yang dilakukan. Ini kenapa proses cetak buku tahunan memerlukan waktu yang tidak sebentar.

Setelah itu, dilakukan finishing pada buku tahunan sekolah kamu. Finishing ini menggunakan tenaga manual alias tenaga manusia sehingga prosesnya juga memakan waktu. Kalau buru-buru, nanti hasilnya kurang memuaskan dong 😀

Setelah proses finishing jadi, buku akan dicek ulang oleh temen-temen creative, memastikan bahwa tidak ada yang kurang dari buku tahunan sekolah kamu. Yap, Abankirenk berusaha sebaik mungkin untuk memastikan bahwa buku tahunan kamu lengkap dan tidak ada cacat. Setelah itu kami akan memberikan buku tahunan sekolah kamu kepada panitia 😀

No Comment

leave a Comment

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.