Semakin Banyak Buku Tahunan Sekolah, Kualitas Semakin Berkurang?

Saat ini sudah banyak pembuat buku tahunan sekolah yang ada, baik di kota besar maupun kota kecil di seluruh Indonesia. Kalau dulu pada bingung cari pembuat buku tahunan sekolah yang ada di kota nya, saat ini pada kebingungan mau pilih pembuat buku tahunan sekolah yang mana saking banyaknya :p

Di antara sekian banyak pembuat buku tahunan sekolah tentu ada yang sudah berdiri sejak lama. Kebanyakan, pembuat buku tahunan sekolah tersebut berada di kota besar. Karena sudah berdiri sejak lama, kebanyakan dari pembuat buku tahunan sekolah ini telah menangani banyak sekolah tiap tahunnya.

Kalau buku tahunan sekolah yang ditangani banyak setiap tahunnya, bagaimana dengan kualitasnya? Apa masih bisa kualitasnya sama baiknya dengan saat kliennya tidak terlalu banyak? Tentu saja kualitas buku tahunan sekolahnya sama baiknya saat kliennya banyak maupun sedikit. Pembuat buku tahunan sekolah yang telah berdiri lama dan memiliki banyak klien tentu saja telah mengatur proses pembuatan buku tahunan sekolahnya sedemikian rupa sehingga kualitasnya tetap terjaga.

Misal kita lihat dari kualitas foto. Jika semakin banyak klien, maka semakin banyak fotografer yang direkrut oleh pembuat buku tahunan tersebut. Jika pembuat buku tahunan sekolah memiliki kantor cabang, maka setiap kantor cabang biasanya memiliki fotografernya sendiri. Pemilihan fotografer tentu saja cukup selektif, harus yang sesuai dengan standar pembuat buku tahunan sekolah tersebut. Bahkan bisa juga pembuat buku tahunan sekolah tersebut mengadakan diklat untuk menyamakan persepsi dan standar kualitas dari setiap fotografer di seluruh cabang.

Jika dilihat dari segi desain, sama halnya dengan foto, akan semakin banyak desainer yang direkrut oleh pembuat buku tahunan sekolah. Karena banyak spesialisasi dalam desain, maka setiap spesialisasi akan memiliki desainernya sendiri-sendiri sehingga hasil desainnya akan lebih maksimal.

Kalau dari segi cetak, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Pertama dengan mengatur jadwal cetak sebaik mungkin. Setiap mesin cetak memiliki kapasitas kerja masing-masing. Penjadwalan cetak ini akan memaksimalkan kapasitas kerja dari mesin cetak, namun jangan sampai melampaui kapasitasnya, sehingga kualitas tetap terjamin namun buku yang dicetak bisa sesuai target. Cara kedua, dengan menambah mesin cetak, baik dengan kapasitas dan kualitas yang sama, atau yang lebih baik dari mesin yang sudah ada. Tentu saja cara kedua ini membutuhkan modal yang cukup besar. Tapi kalau sudah lama berdiri dan kliennya sudah banyak, modal yang dimiliki juga pasti sudah cukup besar untuk melakukan opsi kedua ini ;D

Kurang lebih begitu gambaran bagaimana Abankirenk selama ini bekerja 😀

2 Comments

leave a Comment

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.