5 Contoh Perusahaan yang Sukses dalam Rebranding

Brand menjadi salah satu yang sangat diutamakan oleh suatu produk. Kalau kita lihat beberapa produk dalam negeri dan luar negeri, tidak banyak yang berbeda, tapi harga bisa jauh berbeda. Selain karena biaya shipping, bea cukai, dan lain sebagainya, tapi brand juga memiliki pengaruh yang sangat tinggi dalam penentuan harga.

Tidak jarang juga suatu perusahaan melakukan rebranding. Rebranding biasanya dilakukan untuk menyesuaikan dengan keadaan saat ini atau menghindari kehilangan market nya. Rebranding tidak mudah dilakukan, bisa berhasil namun bisa juga gagal. Berikut ini ada 5 contoh rebranding yang berhasil dilakukan.

  1. Starbucks

Pada tahun 2011 Starbucks membuat sedikit perubahan terhadap logo mereka dan marketing mereka. Direktur Utama Howard Schultz mengatakan bahawa rebranding merupakan pembaruan yang penuh arti yang sesuai dengan rencana ke depan Starbucks.

Pada rebranding lalu, divisi interal kreatif Starbucks bekerja sama dengan Lippincott. Walaupun banyak desain yang dilakukan oleh Lippincott, tapi divisi in house design Starbucks juga bertanggung jawab atas interior store nya menjadi lebih segar. Perubahan yang terjadi merupakan usaha yang terkoordinasi dengan communication channel Starbucks yang lain, seperti website yang layout nya berubah menjadi lebih simple.

Starbucks_Corporation_Logo_2011

  1. Microsoft

Semanjak banyaknya mobile industry pada tahun 2007, Microsoft memiliki kesulitasn untuk berkompetisi dengan Apple dan Google yang sudah memiliki pengalaman dengan pertumbuhan yang signifikan.

Setelah munculnya Windows Phone 7, Microsoft mengalami rebranding dari produknya pada tahun 2011 dan 2012. Logo, produk, servis, dan websitenya mengadopsi prinsip dan konsep dari bahasa desain Metro. Perubahan ini memiliki perubahan yang siginikan pada opini publik dan persepsi dari brandnya, yang secara tradisional mengubah secara mayor keuntungan profit tersebut dari sisi bisnis.

microsoft

  1. Apple

Pada awal kemunculannya, Apple bukan salah satu yang diidamkan. Pada tahun 90an, Apple mengeluarkan Powerbook dan Machintos LC, walaupun keduanya meningkatkan pendapatan Apple, namun kedua produk tersebut bukan yang produk yang kamu bangga jika memilikinya. Walaupun kamu bisa membuat produk yang hebat, namun menjual ke orang dan membuatnya menarik merupakan hal yang berbeda.

Pada tahun 1996 Steve Jobs kembali masuk ke Apple dan membuat perubahan langsung dan secara tiba-tiba. Salah satu perubahan yang dilakukan adalah kembalinya agensi iklan TBWA Chiat/Day. Perusahaan ini, dengan kerja sama dengan Jobs, membuat salah satu iklan yang paling terkenal sepanjang waktu, “Think Different”.

Iklan ini bermaksud untuk menahan konsumen yang ada pada saat ini sambil mengambil konsumen baru. Dan iklan ini beekerja dengan baik. Apple menarik konsumen mengambil jalan berbeda dari kebanyakan dengan memilih produk Apple. Iklan ini berhasil diraih melalui TVC dan didukung juga dengan print campaign.

official-apple-logo-2014-widescreen-2

  1. Lego

Pada awal berdiri, 1891, Lego merupakan perusahaan pembuat mainan kayu. Namun semenjak 1947, mereka mulai membuat salah satu hal yang paling menarik, blok bangunan yang terbuat dari plastik.

Semenjak itu, Lego terus membuat anak-anak terhibur dengan mainan kecil dari plastik tersebut. Walaupun hal tersebut sempat menjadi salah satu bentuk seni, namun pada saat ini anak-anak lebih banyak menghabiskan waktunya dengan mainan digital. Semakin lama, semakin banyak waktu yang dihabiskan di depan layar dibandingkan bermain langsung. Jadi apakah Lego masih bisa bertahan?

Dengan adanya perubahan yang konstan pada brand mereka, Lego juga membuat cabang yaitu membuat kategori produk yang baru. Lego terus up to date dengan membuat mainan mereka relevan dengan kultur dan tema yang sedang populer saat ini. Mereka melakukan kerja sama dengan brand lain, seperti film, acara TV, dan video games. Kerja sama dan percabangan yang dilakukan oleh perusahaan ini sudah sangat banyak hingga sangat sulit untuk membuat daftarnya.

lego

  1. Cadburry

Perusahan ini berdiri pada tahun 1824, memulai dengan menjual teh, kopi, minuman coklat, yang pada saat itu mereka produksi sendiri. Namun, Cadburry mengalami penurunan beberapa kalo dan sempat diambil oleh juga oleh Kraft hingga akhirnya dijual ke perusahaan Korea Selatan.

Pada saat ini Cadburry menjadi bagian dari Mondelez International, Inc. yang adalah perusahaan multinasional Amerika yang konsentrasi pada pembuatan permen, makanan, dan minuman. Walaupun telah mengalami penurunan, pengambilan alih, hingga akusisi, Cadburry tetap menjadi salah satu produk yang populer

cadbury

No Comment

leave a Comment

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.