5 fitur tambahan yang mendukung detail buku tahunanmu !

Buat kamu yang sekarang udah duduk di bangku sekolah tingkat akhir alias kelas 3, merencanakan membuat buku tahunan sekolah itu salah satu ritual yang kudu dijalanin. Kenapa sih? Ya, karena ketika kamu udah dimasa akhir sekolah gini, kamu harus banget membukukan kenangan- kenangan yang terjadi di masa sekolah. Biar nanti, one day ketika kalian udah berumah tangga, dan rindu masa- masa sekolah,  kalian tinggal membuka buku tersebut, dan memory- memory masa muda pun akan teringat kembali hehe.

Karena bikin buku tahunan itu termasuk hal yang ngga bakal keulang alias cuma sekali seumur hidup, jadi kamu harus totalitas waktu bikin, dari hal yang kecil sampe hal yang besar kamu harus perhatikan detailnya. Nah, abankirenk punya nih 5 hal yang mendukung foto buku tahunanmu jadi tambah keren.

Halaman Isi

Selain konsep foto yang pasti keren, kita juga bakal kasih kamu beberapa tambahan di halaman isi. Yang paling banyak digunakan oleh klien buku tahunan abankirenk adalah pop up. Pop up sendiri adalah potongan karya seni yang dilekatkan ke halaman sehingga saat halaman tersebut terbu, terbentuk potongan tiga dimensi. Pop up yang kami buat ada yang berbentuk 2 dimensi dan 3 dimensi. Harganya tentu bervariasi tergantung tingkat kesulitannya.

Tambahan lain yang bisa digunakan adalah halaman bersayap. Halaman bersayap ini maksudnya halaman tersebut dapat dibuka menjadi lebih panjang. Biasanya halaman ini mengantisipasi untuk foto angkatan supaya tidak ada anak yang ketutup karna ada di tengah halaman.

Buku tahunan kamu bisa juga ditambahkan paperart. Paperart ini mirip dengan pop up, namun tidak perlu dibuka halamannya. Paperart hanya memakan satu halaman, namun ada beberapa bagian atau bentuk yang dibuat timbul sehingga seolah-olah bagian tersebut 3D.

Yang bisa ditambahkan lainnya adalah kertas kalkir. Kertas kalkir ini akan memberikan efek yang berbeda jika digabungkan dengan gambar pada buku tahunan. Biasanya, kertas kalkir akan digambari ilustrasi bentuk objek. Di halaman selanjutnya akan ada foto dari objek tersebut dengan tata letak yang sama. Jadi, kertas kalkir ini akan memberikan efek yang berbeda pada fotonya 😀

309093_209896489077320_423621769_n

Cover

Kalo dari cover sendiri, ada beberapa hal yang bisa ditambahkan. Kamu bisa menambahkan dari sisi proses cetaknya sehingga menimbulkan efek lain atau mengganti material untuk cover. Kalo dari proses cetaknya, kita bisa menambahkan emboss, hotprint, cutting pon, dan spot UV. Apa aja sih bedanya?

Emboss bakal kasih kamu efek cekung atau cembung. Kalau desain cover kamu rame, emboss bisa dikasih ke bagian yang pingin diberi penekanan, misal di tagline cover buku tahunan kamu. Kalau desain cover kamu simpel, bakal lebih gampang kasinya karena nggak ada pilihan lain :p

Hotprint dan spot UV ini agak mirip tapi masih beda. Kalo hotprint, kamu menambahkan warna emas atau silver jadi akan memberi efek mirip gliter. Nah kalo spot UV ini akan memberikan efek mengkilap. Kalo hotprint kasih efek semacam gliter, kalo spot UV kasih efek licin gitu.

Ada lagi tambahan berupa cutting pon. Tambahan ini berupa adanya bagian-bagian tertentu yang berlubang. Misalnya, cover desain kamu berupa angka, nah angka di cover pingin kamu liatin walaupun kamu pasang packagingnya. Nah, packaging kamu akan dikasih lubang dengan bentuk dan ukuran sesuai dengan angka di cover kamu.

Tambahan lain lagi bisa berupa fosfor. Yap, buku tahunan kamu bakal nyala dalam gelap 😀 Aneh? Nggak percaya? Kamu boleh kok dateng ke abankirenk buat kita kasih liat contoh buku dengan tambahan fosfor di covernya 😉

Selain dari proses cetaknya, tambahan pada cover juga bisa dari materialnya. Beberapa material yang pernah abankirenk gunakan antara lain adalah tyvek, sirion, baladek, beludru, line master, dan madera. Untuk tau gimana sih jenis-jenis material tersebut kamu bisa dateng langsung ke abankirenk 😀

14-contoh-buku-tahunan-sekolah

Packaging

Packaging juga menjadi fitur tambahan dari buku tahunan abankirenk. Salah satu fungsi packaging adalah menjaga supaya buku tahunannya tetap aman ketika terjadi hal yang tidak diinginkan. Misalnya nih atap kamar kamu bocor dan airnya masuk ke rumah, eh pas jatuhnya air ini ke buku tahunan kamu, yang basah duluan packagingnya, tapi si buku tahunan tetep aman 😀

Nah, spesifikasi dari packaging ini juga beragam. Sebagai penyangganya, ada beberapa bahan yang bisa kamu gunakan. Beberapa bahan yang pernah digunakan oleh abankirenk adalah mdf, kappa, karton, dan kayu.

Selain itu kamu juga bisa memilih pelapis yang digunakan dalam packaging. Pelapis paling standar yang digunakan adalah art paper. Tapi kamu juga bisa diganti dengan kulit sintesis, kain blacu, denim, dan kain furing. Beberapa bahan yang digunakan di cover juga bisa kamu pakai untuk pelapos di packaging, seperti madena, line master, dan kertas beludru.

09-contoh-buku-tahunan-sekolah

Nah, kalo udah tau spesifikasi yang bisa dipake di buku tahunan, kamu pingin kombinasi seperti apa untuk buku tahunan kamu?

 

No Comment

leave a Comment

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.