5 Hal yang Disiapkan Menuju Lebaran

Puasa sudah memasuki 10 hari ketiga. Selain ibadahnya semakin diperbanyak, persiapan menuju lebaran juga makin kenceng. Tidak hanya persiapan hati yang bersih, tapi nggak jarang juga yang perlu dipersiapkan lainnya. Apa aja sih?

  1. Baju Lebaran

Entah baju baru atau baju yang lama, tapi makin dekat dengan lebaran, temen-temen pasti udah mulai mikirin baju apa yang akan dipakai saat lebaran. Kalo temen-temen lihat di toko baju, terutama toko baju muslim, udah bisa dipastikan kalo toko tersebut udah penuh sesak dengan pengunjung, terutama ibu-ibu, yang mencari pakaian untuk lebaran. Buat yang nggak beli baju baru, temen-temen pasti juga udah nyiapin mix and match baju yang sesuai untuk lebaran nanti.

Contoh Baju Muslim Lebaran Untuk Keluarga

  1. Ketupat dan Opor Ayam

Makanan yang satu ini, entah gimana ceritanya, udah jadi makanan yang wajib ada saat lebaran. Hampir setiap rumah akan menyediakan ketupat dan opor ayam. Biasanya juga didampingin sambel goreng daging atau hati dan juga kerupuk. Ini makanan yang akan selalu dimakan setelah pulang dari sholat Idul Fitri. Kalo ngebayanginnya sekarang rasanya udah nggak sabar banget mau makannya ya 😀

Ketupat

  1. Kue Kering

Salah satu tradisi lebaran di Indonesia adalah silaturahmi ke rumah saudara atau tetangga dekat. Karena akan ada yang silaturahmi, tentu saja harus ada yang dihidangkan. Hidangan yang nggak boleh kelewatan adalah kue kering. Kue yang paling sering muncul adalah kastangel, nastar, dan putri salju. Kalo kue kering favorit kamu apa nih?

kue kering

  1. Parsel

Ini sih biasanya disiapin orang tua kita untuk relasi atau tetangga dekatnya. Kalau kita sih kebagian jatah nungguin parsel yang dateng ke rumah. Walaupun parselnya adalah snack yang kita makan sehari-hari, tapi selalu seneng waktu dapet parsel dan ngebuka apa aja isi parselnya.

parsel

  1. Zakat Fitrah

Ini nggak boleh banget ketinggalan. Sebagai umat muslim dengan kemampuan finansial yang cukup baik, udah jadi kewajiban untuk membayar zakat fitrah sebelum Idul Fitri. Jumlah zakat yang harus dibayarkan tidak terlalu banyak kok, cukup 2,5 kg per orang. Mungkin keliatan banyak, tapi kalo pengeluaran itu adalah pengeluaran setahun sekali, dibandingkan dengan pengeluaran kita selama setahun lainnya tentu saja sangat sedikit.

doa-zakat-fitrah-zakat-fitri

1 Comment

leave a Comment

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.