5 Kamera Kompak yang Bisa Kamu Perhitungkan

Saat ini kamera telah banyak berkembang. Tidak hanya DSLR saja yang diandalkan, tapi bahkan kamera kompak. Dan spesifikasi serta hasil fotonya juga nggak kalah jauh lho dibandingkan dengan DSLR. Apalagi kamera ini kecil, ringan, dan tidak membutuhkan space yang cukup banyak dalam tas kamu.

Ada beberapa kamera kompak yang bisa kamu gunakan untuk foto dengan hasil yang nggak kalah dengan DSLR nih.

Nikon Coolpix A

Walaupun ukurannya kecil, Nikon Coolpix A memiliki sensir yang besar. Jenis sensor yang digunakan pun sama dengan yang digunakan di Nikon D7000. Nikon Coolpix A juga menggunakan prosesor gambar Expeed 2 sehingga bisa menekan noise.

Lensa yang digunakan adalah lensa prime 18mm f/2.8. Kualitas lensa ini cukup baik. Selain itu kamera ini juga menggunakan resolusi 16,2 MP. Kecepatan autofoks juga cukup walaupun masih belum bisa dibandingkan dengan DSLR. Harga Nikon Coolpix ini berkisar antara RP 8-9 juta.

Canon PowerShot G1X Mark II

Canon PowerShot G1X Mark II ini memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan Nikon Coolpix A, namun dilengkap dengan lensa zoom. Rentang zoom lensa ini adalah 24-120mm dengan aperture f/2.0-3.9.

Sensor yang dipakai adalah 1,5 CMOS dan menggunakan prosesor Digiic 6 yang banyak digunakan DSLR Canon. Dengan ukuran sesnsor yang besar serta prosesor yang canggih, kualitas gambar 12MP ini cukup memupuni, bahkan bisa menyaingi DSLR atay mirrorles kelas entry level. Kamera ini dijual dengan harga sekitar RP 8juta.

Sony RX100 III

Sensor yang digunakan oleh Sony RX100 III ini lebih kecil dibandingkan 2 kamera sebelumnya, namun sensor yang dipakai lebih modern dan lebih kapabel performanya. Walaupun menggunakan ISO tinggi, namun Sony RX100 III ini bisa menekan noise yang muncul lho.

Lensa yang dipakai setara dengan panjang focal 24-70mm dan bukaan cepat f/1.8-f/2.8. Dengan aperture maksimal f/1.8, meski ukuran sensornya lebih kecil, namun dengan teknik yang tepat kamu bisa menghasilkan bokeh yang lebih bagus.

Kamera ini juga dilengkapi dengan electronic viewfinder kualitas tinggi sehingga kamu bisa mengintip obyek kamu. Kualitas video yang dihasilkan juga cukup baik. Fitur lain yang ditawarkan adalah wi-fi dan aplikasi untuk transfer foto ke smartphone. Harga jual Sony RX100 III ini adalah sekitar Rp 10juta.

Fujifilm X100T

Kamera ini menggunakan sensor X-Trans dan memiliki resolusi 16MP. Lensa yang dipakai adalah lensa fixed 23mm f/2.0 dengan panjang focal setara 35mm. Keistimewaan Fuji X100T adalah kontrol kamera, sehingga kamu bisa mengatur aperture, shutter speed, dan lain-lain. Selain itu kamera ini juga dilengkapi dengan viewfinder hybrid.

Lensa yang dipakai pun cukup tajam, clarity bagus, dan kualitas bokeh yang baik juga. Performas di ISO tinggi juga sangat bagus. Kualitas gambar yang dihasilkan, performa di ISO tinggi, dan kecepatan operasi saat memotret serta kualitas body kamera masih cukup dikalahkan oleh kamera kompak lainnya. Harga jual kamera ini adalah RP 14,5 juga.

Sony RX1R

Kamera ini merupakan kamera termahal dibandingkan kamera-kamera di atas, namun tentu spesifikasi yang diberikan sangan baik. Kamera ini dilengkapi denga sensor full-frame, prosesor kelas profesional serta tanpa filter anti-aliasing, Sony RX1R menjanjikan hasil foto super tajam dan kualitas gambar terbaik tanpa kompromi.

Sony RX1R memiliki performa terbaik untuk ISO tinggi. Lensa fixed 35mm f/2.0 akan menghasilkan bokeh yang luar biasa. Kecepatan autofokusnya pun sangat baik. Kemampuan merekan video HD juga menjadi nilai plus kamera ini. Namun sayang fitur seperti wi-fi dan viewfinder belum ada pada kamera ini.

Dengan spesifikasi yang begitu baik, kamera ini dijual dengan harga Rp 33 juta 😀

1 Comment

leave a Comment

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.