5 Kesalahan Berkendara yang Paling Sering Terjadi

Kendaraan bermotor menjadi alat transportasi yang paling banyak digunakan di Indonesia. Mungkin kalau kamu lihat di film, banyak sekali bule yang jalan di trotoar, untuk jarak yang cukup jauh. Sayangnya, budaya tersebut tidak ada di sini.

Kendaraan bermotor yang cukup banyak digunakan adalah motor. Kendaraan roda dua ini memiliki harga yang cukup murah jika dibandingkan dengan mobil, sehingga baik keluarga dengan ekonomi menengah maupun menengah ke bawah mampu membeli kendaraan ini. Sayangnya, banyak pemgendara motor yang pengetahuan mengenai berkendara dan peraturan lalu lintasnya kurang baik sehingga banyak kesalahan saat berkendara.

  1. Melawan Arus

Ini kesalahan dalam berkendara yang paling banyak dan paling bikin gemes. Banyak banget pengendara sepeda motor yang melawan arus, alasannya adalah jaraknya deket jadi nggak perlu nyebrang. Kenyataannya, kadang jarak tempuh dia saat melawan arus ini cukup banyak lho. Yang ngeselinnya lagi, kalau terjadi kecelakaan, terutama kalau melawan mobil, si pengendara sepeda motor ini nggak mau disalahin, padahal jelas-jelas dia yang salah. Duh, jangan sampe jadi pengendara nggak tau malu gini ya.

  1. Nggak pake helm

Kasus ini banyak banget kejadian, terutama di kawasan universitas. Mentang-mentang kos nya deket dari kampus, kalo berangkat ke kampus nggak pake helm deh. Alasannya sama dengan sebelumnya, cuma deket kok. Sebenernya kesalahan ini nggak merugikan siapapun, tapi kan bahaya juga. Walaupun deket, siapa sih yang tau kalo bakal, amit-amit, kecelakaan di jalan? Bukan berarti ngedoain yang jelek, tapi kita nggak bisa nebak apa yang akan terjadi, alangkah lebih baiknya kalo kita bisa mencegah.

  1. Putar balik di tempat yang dilarang

Ini penyakitnya yang pada mager, males kalo harus puter balik di tempat yang jauh. Duh! Larangan putar balik di suatu tempat, walaupun menurut kita memungkinkan untuk putar balik, tentu saja ada alasannya, entah rawan kecelakaan, menyebabkan kemacetan, atau hal lainnya. Bensinnya nggak langsung abis kok kalo kamu jalan dikit lagi ke tempat yang diperbolehkan untuk putar balik.

  1. Sen kanan tapi belok ke kiri

Menurut beberapa orang, kesalahan berkendara ini paling banyak dilakukan oleh ibu-ibu. Entah karena kelupaan matiin sen sebelumnya terus nggak sen waktu belok selanjutnya, atau karena sen nya rusak kalo sen ke kiri eh lampu yang nyala kanan, atau karena hal lain, tapi kejadian ini cukup sering terjadi. Bayangin kalo udah sen ke kanan, kita udah menghindar dengan lewat sebelah kirinya, dan ternyata dia belok kiri, ngeri banget kan 🙁

  1. Berhenti di zebra cross

Bahaya banget sih nggak, tapi cukup merugikan si pejalan kaki. Zebra cross ini menjadi tempat di mana pejalan kaki dapat menyebrang jalan denga aman dan terjamin keselamatannya. Kalo zebra cross dipake buat berhenti motor, di pejalan kaki ini harus nyebrang jalan lewat mana dong?

No Comment

leave a Comment

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.