5 Pasar Kaget Ramadhan di Yogyakarta

Salah satu yang pasti akan muncul saat bulan puasa adalah munculnya penjual jajanan-jajanan pasar dan menu buka puasa di pinggir jalan. Nggak cuma 1 aja, tapi bisa banyak banget. Dan mereka bener-bener hanya muncul saat bulan puasa aja, kalau uda selesai puasanya, ilang deh.

Bahkan, kadang sampe ada pasar kaget selama bulan puasa. Begitu juga di Yogyakarta, ada beberapa pasar kaget yang selalu hadir saat bulan puasa. Di mana aja tuh? Yuk kita lihat.

  1. Lembah UGM

Daerah lembah UGM ini emang udah dari dulu menjadi pasar kaget, tapi biasanya diadakan pada hari Minggu pagi sampai siang, sambil olahraga, sambil mampir jajan. Tapi, selama Ramadhan ini, lembah akan selalu diramaikan dnegan penjual jajanan saat buka puasa tiba. Dan, penjualnya nggak cuma ibu-ibu aja lho, tapi juga temen-temen mahasiswa UGM yang mencoba mencari peruntungan atau memang sudah membuka usahanya juga turut meramaikan Pasar Sore UGM ini. Ngggak cuma jajanan pasar aja, tapi makanan dari berbagai daerah sampai resep coba-coba juga banyak dijual disini. Harganya tentu saja sesuai dengan kantong mahasiswa 😀

  1. Jogokariyan

Kampung yang satu ini emang menjadi kampung reliji. Banyak kegiatan keagamaan yang diadakan di sini pada saat hari besar lainnya. Yap, kampung Jogokariyan ini emang udah terkenal dengan Kampung Islamin. Nggak ketinggalan, saat Ramadhan, Jogokariyan juga turut meramaikan dengan adanya penjual makanan buka puasa di sepanjang jalan. Kayaknya semua makanan ada di sini deh. Ramenya jangan ditanya kayak apa 😀 Sekali-sekali coba beli jajan buka puasa di sini seru lho 😀

  1. Kauman

Sama seperti Kampung Jogokariyan, daerah ini juga terkenal dengan kehidupannya yang Islami, kental dengan nuansa Muhammadiyah, karena merupakan salah satu tempat yang melekan dengan K.H. Ahmad Dahlan. Walaupun gangnya cukup sempit dan cukup banyak kendaraan berlalu-lalang, bukan berarti ibu-ibu di sini berhenti berjualan lho. Sepanjang gang, kamu bisa membeli aneka jajan dan bahkan lauk pauk untuk buka puasa dan sahur nanti 😀 Jajajnan pasarnya jangan ditanya, lengkap banget! Udah jadi khas banget di Yogyakarta kalau mau beli jajanan yang lengkap untuk buka puasa ya  ke Pasar Sore Kauman 😀

  1. Kotagede

Nggak cuma terkenal dengan peraknya aja, tapi kota ini juga turut berpartisipasi meramaikan Ramadhan. Kamu bisa menemukan aneka makanan buka puasa kamu di Pasar Legi Kotagedhe. Kalau pagi menjadi pasar tradisional, menjelang sore pasar ini udah berubah jadi pasar ramadhan. Kamu juga bisa menemukan makanan khas kotagedhe, kipo. Kayak apa sih kipo, googling deh 😀

  1. Nitikan

Nitikan ini nggak jauh dari kota gedhe, sekitar 1-2 km aja. Ya tetep capek sih kalo jalan kaki :p Sama seperti lokasi lainnya, sepanjang jalur di nitikan ini penuh dengan jajanan pasar. Kebanyakan menu yang dijual di sini adalah jajanan pasar dan minuman yang menyegarkan. Tapi tetep aja bikin laper mata dan bikin dompet bangkrut kalo kamu beli semua. Tapi kamu nggak bakal nyesel kalo kesini, jajananya lengkap banget!

No Comment

leave a Comment

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.