6 Jenis Makanan khas Yogyakarta

Seperti yang kita tahu, Indonesia merupakan salah satu Negara yang kaya akan budaya. Diantaranya, kebudayaan dalam seni musik, tarian, makanan, dan lain-lain. Hampir disetiap daerah memiliki makanan khas tersendiri.  Kali ini, abankirenk akan memberikan informasi mengenai makanan khas asal Jawa, tepatnya Yogyakarta. Penaasaran apa saja sih makanan khas Jogja? Yuk simak ulasan berikut ini

  1. GUDEG

gudeg

Makanan yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga kalian. Karena, gudeg adalah makanan yang paling dikenal dijogja. Rasanya manis dan warnanya coklat. Biasanya sih dikonsumsi barengan sama krecek. Tapi gaharus ko, malahan kamu bisa tambahin bahan lainnya kaya misalnya daging ayam yang disuir, telor bebek, atau ceker, pokoknya sesuai selera. Selamat mencoba 😀

 

  1. BAKPIA

bakpia

Kalo yang satu ini, paling favorite buat dijadikan buah tangan atau oleh- oleh  para wisatawan. Bakpia punya rasa yang manis dengan bahan pembuatannya dari adonan tepung dengan isinya kacang ijo. Tapi karena perkembangan era dan inovasi pemilik pabrik, saat ini bakpia banyak variasinya, mulai dari rasa coklat, keju, ubi ungu, dan lain- lain. Jadi, kalo temen- temen ke Jogja, jangan lupa beli Bakpia yaa :p

 

  1. GEBLEK

geblek

Makanan ini biasa dijumpai di daerah Kulon Progo. Rasanya gurih dan sedikit asin. Bahan utama pembuatnnya berupa singkong ditambah dengan beberapa bumbu. Makanan ini lebih enak dimakan waktu hangat loh, karna kalo udah dingin jadinya agak kenyal, dan rasanya jadi kurang enak.

 

  1. GEPLAK

geplak

Kalo temen- temen punya penyakit gula dan darah tinggi, jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan ini, kenapa? Karena rasanya yang sangat manis. Dibuat dari serutan kelapa dan gula jawa. Oiya, yang bikin menarik itu warna Geplak yang warna- warni. Jangan sampe dikira mainan loh hihi 😀

 

  1. KIPO

Kipo-Kotagede

Makanan yang satu ini jarang ditemui karena biasanya berada di daerah Kota Gede. Kipo juga rasanya manis, dengan kulit luarnya merupakan ketan yang dicampur dengan adonan nangka serta bahan isi berupa kelapa dan gula merah. Inget ya, namanya Kipo bukan Kepo :p

 

 

  1. Tiwul

tiwul

Terakhir nih, makanan ini berasal dari daerah Gunung Kidul. Tiwul juga punya 2 macam rasa, ada yang manis dan ada yang gurih. Bahan utamanya singkong. Kalo dulu biasanya dimakan pake nasi, tapi makin kesini makin berinovasi, jadi tiwul udah banyak varian nya, misalnya dikonsumsi dengan parutan kelapa diatasnya, coklat, bahkan keju. Cocok juga loh buat oleh- oleh 😀

Itu dia, makanan khas jogja yang bisa temen- temen coba waktu berkunjung ke Jogja, entah itu jalan- jalan bersama keluarga, teman- teman, atau  study tour  dari Sekolah. Ngga  afdol loh kalo udah jauh –jauh wisata ke Jogja tapi ga nyobain semua makanan di atas hehe 😀

No Comment

leave a Comment

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.