7 Puncak Tertinggi di Pulau Indonesia

Temen-temen pecinta alam tentu udah pernah dengan isitilah ini, The Seven Summits, terutama temen-temen pecinta gunung. Istilah Seven Summits ini awalnya digunakan untuk menunjukkan tujuh puncak tertinggi di tujuh benua di dunia. Kemudian istilah ini diadapatasi di Indonesia untuk menunjukkan tujuh puncah tertinggi di 7 pulau di Indonesia. Apa aja sih? Yuk kita cek.

  1. Cartenzs Pyramid Pegunungan Sudirman, Pulau Papua

Mungkin beberapa temen yang bukan pecinta gunung agak asing dengan gunung ini, tapi kalau kita sebut dengan Puncak Jaya Wijaya, semua pasti udah pernah denger dong? Cartenzs Pyramid merupakan puncak gunung tertinggi di Pulau Papua dengan ketinggian 4.884 mdpl. Pucak ini nggak cuma masuk di Seven Summit-nya Indonesia, tapi juga masuk ke dalam Seven Summit di tujuh bedua versi Reindhold Messne.

sewa-di-dekat-wisata-Puncak-Jayawijaya

  1. Puncak Indrapura Gunung Kerinci, Pulau Sumatera

Dari wilayah Indonesia Timur, kita langsung bergeser ke wilayah Indonesia Barat. Puncak Indrapura Gunung Kerinci merupakan Seven Summit tertinggi ke dua di Pulau Sumatera. Puncak Indrapura di Gunung Kerinci ini memiliki ketinggia 3.800 mdpl. Gunung berapi ini berada di perbatasan propinsi Sumatera Barat dan Jambi.

Kerinci

  1. Gunung Rinjani, Kepulauan Nusa Tenggara dan Bali

Bergeser sedikit ke arah Timur, ada Gunung Rinjadi yang meliputi kawasan Kepulauan Nusa Tenggara dan Bali. Gunung Rinjani ini memiliki ketinggian 3.726 mdpl, berada di posisi ketiga dari Seven Summit Indonesia. Gunung Rinjani ini persisnya berlokasi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat.

puncak-rinjani

  1. Puncak Mahameru Gunung Semeru, Pulau Jawa

Urutan keempat Seven Summit Indonesia adalah Puncak Mahameru yang merupakan puncak dari Gunung Semeru. Puncak Mahameru berada di ketinggian 3.676 mdpl. Lokasi puncak Mahameru adalah di antara Kabupaten Malang dan Lumajang, Jawa Timur.

mahameru semeru

  1. Puncak Rantemario Gunung Latimojong, Pulau Sulawesi

Geser lagi ke arah timur, Pulau Sulawesi memiliki Pucak Rantemario Gunung Latimojong yang masuk ke dalam Seven Summit urutan ke lima. Puncak Rantemario Gunung Latimojong ini berada di Enrekang, Sulawesi Selatan. Ketinggian puncak ini mencapai 3.478 mdpl.

rantemario

  1. Gunung Binaiya, Kepulauan Maluku

Masih berada di wilayah Indonesia Tengah, di Kepulauan Maluku terdapat Puncak Gunung Binaiya dengan ketinggia 3.027 mdpl. Gunung ini tepatnya berada di lokasi Pulau Seram, Kabupaten Maluku Tengah. Gunung Binaiya sendiri merupakan gunung tidak berapi.

binaiya

  1. Gunung Bukit Raya, Pulau Kalimantan

Seven Summit Indonesia terakhir, Puncak Gunung Bukit Raya dengan ketinggian 2.278 mdpl. Sebenarnya, puncak tertinggi pulau Kalimantan adalah Gunung Kinabalu, namun lokasinya berada di Malaysi. Gunung Bukit Raya ini berada di Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah.

bukit-raya

Gunung mana aja nih yang pernah kamu daki?

No Comment

leave a Comment

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.