8 Jenis Kamera yang Perlu Kamu Tau

Kamera menjadi salah satu alat yang penting untuk saat ini, dimana share gambar menjadi jauh lebih mudah dari sebelumnya, apalagi bagi para traveller, kamera menjadi sangat penting untuk mengabadikan setiap momen. Untuk yang belum memiliki kamera, sebelum memberli harus kenali terlebih dahulu apa aja jenis kamera dan kamu butuh kamera seperti apa

  1. Kamera compact simple point and shoot

Kamera jenis ini mayoritas memiliki ukuran yang mungil dan sangat portable, biasa dikenal dengan kamera poket. Kamera ini memang ditujukan untuk pemula, sehingga hanya bisa melakukan Point and Shoot dan sebagian mode sudah diatur menjadi mode auto. Keunggulan kamera ini adalah bisa dibawa kemana-mana dan foto yang dihasilkan tertata bagus. Namun kadang pengguna tidak dapat menghindari dari serangan red-eye.

Selain itu saat melakukan perbesaran atau zoom dalam mengambil gambar, biasanya resolusinya berubah, menjadi lebih pecah.

Kamera ini menggunakan baterai AA, ada juga yang sudah menggunakan tipe Lithium Ion. Resolusi yang digunakan juga beragam, mulai dari 5MP-12MP. Kisaran harganya tergolong murah, mulai dari 500 ribu sampai 1 jutaan.

  1. Kamera compact standar

Kamera ini masih termasuk kamera poket, tapi kamera ini dilengkapi dengan desain yang ergonomis, lebih ramping, layar LCD yang kadang sudah support touchscreen dan memiliki kualitas sensor lensa dan resolusi lebih besar dan lebih baik. Biasanya kamera ini menggunakan baterai Lithium Ion. Beberapa kamera sudah mengadopsi beberapa fungsi SLR.

Namun, seperti kamera compact simple point and shoot, kamera compact standar juga diatur dalam mode auto, sehingga pengguna tidak dapat leluasa berkreasi dan harga yang ditawarkan cukup mahal.

  1. Kamera prosumer

Kamera ini biasa disebut kamera compact enthusiast karena rata-rata sudah mengadopsi teknologi SLR hingga mendekati, namun dalam entuk kecil. Kamera prosumer telah dilengkapi dengan mode manual dan auto. Sensor optik lensanya juga sangat berkualitas, hasil foto di tempat yang rendah pencahayaan masih bagus, walaupun masih belum bisa dibandingkan dengan kamera DSLR standar.

Kamera ini menawarkan hasil gambar atau video dengan format RAW. Selain itu kamera ini sudah dilengkapi dengan slot khusus untuk aksesoris, seperti viewfinder dan flash. Kamera prosumer cocok digunakan untuk fotografer pemula, namun ukurannya sudah tidak dapat dimasukkan ke dalam saku lagi. Harga kamera ini tergolong cukup tinggi

  1. Kamera superzoom bridge (DZLR)

Bentuk, desain, dan model kamera DZLR ini hampir mirip dengan kamera SLR atau DSLR. Sensor optik DZLR ini setingkat lebih tinggi dibandingkan dengan prosumer. Lensanya juga dapat melakukan zoom sampai jarak yang jauh. DZLR juga dilengkapi dengan fitur yang ada pada DSLR juga fasilitas High Speed Recording sampai Noise Reduction. Kamera ini juga memiliki layar LCD di bagian belakang serta fasilitas pengaturan ISO di dalamnya

Namun, harga kamera ini masih relatif tinggi. Selain itu lensa nya juga menyatu dengan body kamera sehingga tidak bisa diganti-ganti

  1. Kamera DSLR consumer

Kamera DSLR merupakan kamera yang cukup populer dan laris di pasaran. Selain banyaknya orang yang menyukai fotografi, kamera ini juga memiliki fasilitas lebih dibandingkan yang lain. Kamera ini sudah dilengkapi dengan pengaturan auto da manual. Layar LCD di belakangnya bahkan sudah ada yang bisa diputar untuk mencari viewfinder dan mengadopsi teknologi touchscreen pada beberapa merk dan serinya.

Kamera ini memang diperuntukkan orang yang ingin benar-benar ingin mendalami fotografi karena fitur yang ada di dalamnya sudah sangat lengkap. Kamera ini akan mubadzir jika digunakan untuk orang yang hanya ingin memiliki tanpa memperdalam, selain fitur lainnya menjadi tidak terpakai, harga produk ini pun cukup mahal.

  1. Kamera hybrid atau mirrorless

Bisa dikatakan kamera ini merupakan gabungan antara DSLR consumer, DZLR, dan prosumer. Body yang dimiliki relatif kecil dan compact, lensanya dapat diganti atau dilepas, dan fitur yang ada di dalamnya pun cukup canggih. Kualitas yang dihasilkan oleh sensor optik lensanya setara dengan kamera DSLR. Pada bagian belajang juga terdapat layar LCD yang mayoritas dapat diputar-putar untuk mencari viewfinder. Kamera jenis ini cocok digunakan untuk pemula, enthusiast, dan traveler serta pecinta street fotografi. Namun harga yang ditawarkan hampir setara dengan DSLR consumer, bahkan ada yang melebihi.

  1. Kamera DSLR pro

Kamera ini kadang disebut juga kamera DSLR full frame. Jika dibandingkan dengan DSLR consumer, DLSR pro memiliki fasilitas dan fitur yang lebih banyak dan berkualitas. Bahalan kabarnya, saat ini kamera DSLR pro sedang dikembangkan untuk support agar bisa menghasilkan gambar setara format 2K sampai 4K. Dengan fasilitas, fitur, dan hasil seperti itu, tentu harganya sangat tinggi, hingga lebih dari 10 juta hanya untuk body nya saja.

  1. Kamera boutique

Kamera butik ini bukan jenis kamera kelas menengah apalagi low-end. Kamera ini memang didesain retro dan terkesan kuno, namun sensor full frame nya setara dengan kualitas gambar yang dihasilkan kamera DSLR semi-pro sampai profesional. Kamera dengan bentuk kecil ini menjadi icon dari perusahaan kamera terkenal, yaitu Leica. Harga kamera ini bisa mencapai lebih dari 30 juta.

2 Comments

leave a Comment

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.