Apa sih hal yang dilarang dalam menggunakan Bendera Merah Putih?

Salah satu identitas Bangsa adalah dengan dimilikinya Bendera Negara. Kalo Indonesia sendiri warna Bendera nya adalah Merah Putih. Namun, sejauh ini temen-temen tahu ngga sih cara memperlakukan Bendera Negara yang benar itu seperti apa? Ini dia, 4 hal yang dilarang dalam menggunakan Bendera

 

  • Dilarang merusak, merobek, menginjak-injak, membakar atau merendahkan kehormatan Bendera Negara

Secara umum pasti temen -temen udah tau , kalo sebagai salah satu cara untuk menghargai bendera kita ya dengan tidak melakukan poin diatas. So apapun keadaanya jangan sampai Bendera yang udah susah payah diperjuangkan oleh para pahlawan kita malah kalian perlakukan dengan cara yang buruk yaa 🙂

  • Memakai Bendera Negara untuk reklame atau iklan

Media promosi emang banyak banget bentuknya, ada yang lewat visual, audio, bahkan perpaduan antara audio dan visual. Tapi, coba deh temen -temen perhatiin, kalo ternyata setiap iklan yang tayang ngga ada yang menggunakan Bendera Negara sebagai properti atau tema utama loh. Kenapa? Karena dalam Hukum Negara emang ada peraturan tertulisnya. Jadi, jangan sekali- kali menggunakan Bendera Negara sebagai reklame atau iklan kamu yaa hihi 😀

  • Mengibarkan Bendera yang Sudah Lusuh atau Rusak

mengibarkan Bendera Negara yang rusak, robek, luntur,kusut, atau kusam ternyata ngga boleh loh guys. Karena, sama aja artinya kita tidak mengingat betapa berharganya Sang Pusaka. Setiap sekolah aja, kalo pas Upacara pasti Bendera nya bener- bener dalam keadaan rapi, tidak lusuh sama sekali, apalagi rusak. Maka dari itu, kalo di Sekolah temen- temen Bendera nya udah lusuh, jangan di kibarin ya, minta beli yang baru sama pihak Sekolah :p

  • Menjadikan Bendera Sebagai Pembungkus barang atau Penutup Barang

Bendera Negara itu Sakral banget loh, gaboleh sembarangan dalam memperlakukannya. Kalo sebelumnya kita udah bahas bahwa Bendera gaboleh di robek, di injek- injek, apalagi dijadiin buat reklame dan iklan, dalam poin ini kita bakal bahas kalo Bendera itu ngga boleh di jadiin alat untuk membungkus brang atau penutup barang. Kenapa? Ya jelas dong secara langsung kita menjatuhkan kedudukan Bendera Negara kalo gitu caranya. Misalnya nih, temen -temen jadiin sebagai tudung saji, penutup langit- langit, bahkan buat bungkus gorengan :p jangan sampe kaya gitu ya, dijaga baik- baik, karena kalo bukan kita siapa lagi? 🙂

Kurang lebih itu dia hal-hal yang dilarang dalam memperlakukan Sang Merah Putih versi abankirenk guys. Hati -hati loh, kalo temen- temen ketahuan melanggar bisa jadi kena sangsi pelanggran dan terlibat dalam garis hukum, jangan sampe terjadi yaaa 🙂

No Comment

leave a Comment

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.