Hari Bebas Kantong Plastik Internasional

Hari ini, 3 Juli 2015 adalah Hari Bebas Kantong Plastik Internasional. Kantong plastik merupakan salah satu bahan yang tidak bisa didaur ulang oleh tanah. Waktu yang dibutuhkan untuk mendaur ulang plastik bisa mencapai ratusan tahun lebih. Padahal, tas plastik merupakan kantung yang paling sering digunakan untuk membawa belanja dan barang lainnya.

Hari bebas kantong plastik ini diadakan untuk meningkatkan awareness kita terhadap kantong plastik. Kita diingatkan bahwa tas plastik tersebut hanya digunakan untuk jangka waktu yang pendek, tidak jarang untuk hanya sekali pakai, lalu kemudian akan kita buang. Plastik membutuhkan waktu 100-500 tahun untuk bisa benar-benar hancur, dan memiliki dampak yang cukup besar terhadap lingkungan.

Walaupun hanya satu hari, tapi kamu bisa mencoba mengganti tas kamu dari plastik menjadi kantong kertas, atau bisa juga kamu membawa tas kamu sendiri untuk berbelanja. Beberapa supermarket bahkan memberi potongan harga atau keuntungan lainnya kepada konsumen yang membawa kantong mereka sendiri. Kalau kamu adalah pemilik toko, kamu bisa membuat program yang membuat konsumen kamu untuk membawa tas yang dapat digunakan kembali dan memberhentikan menawarkan tas plastik sebagai pilihan.

 

infographic-reduce-plastic

Setiap hari jutaan kantong plastik dibuang. Tanpa kehadiran beberapa orang yang aktif, termasuk kita, di masa depan kita akan berurusan dengan ratusan juta kilogram kantong plastik yang menyumbat lautan, sungai, dan sebagian besar bagian dari dunia. Salah satu bukti bahwa tas plastik sudah menjadi masalah yang cukup besar adalah pasir di pantai saat ini ditemukan terbuat dari komposit dari bahan alami dan sampah plastik. Duh sedih banget kan. Yuk mulai kurangi atau berhenti menggunakan kantong plastik.

No Comment

leave a Comment

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.