HOW THEY CELEBRATE INDEPEDENCE DAY

Di Indonesia perayaan hari kemerdekan selalu disambut meriah di setiap sudut daerah dan kalangan masyarakat dengan berbagai macam tradisi. Ngga cuma di Indonesia aja ko,  Peringatan Hari Kemerdekaan secara besar-besaran juga dilakukan oleh sejumlah negara disetiap tahunnya loh. Berikut merupakan negara-negara yang memiliki tradisi tersendiri dalam merayakan dan memperingati Hari Kemerdekaan,

Amerika Serikat
(Heboh Parade dan Piknik)

Setiap 4 Juli diperingati sebagai Hari Kemerdekaan Amerika Serikat (AS) dan biasanya dirayakan dengan pesta kembang api di sejumlah kota. Warga Amerika memiliki cara tersendiri untuk merayakan hari kemerdekaan negaranya, yaitu dengan melakukan parade dan piknik. Perayaan Hari Kemerdekaan Amerika memang sangat megah. Di setiap wilayah biasanya mengadakan pertunjukan konser yang diisi oleh musisi kelas dunia.

India
(Menari di Jalanan)

Pada 15 Agustus seluruh masyarakat India merayakan kemerdekannya dari pendudukan Inggris dan lahirnya kedaulatan. Perayaan hari kemerdekaan India juga tak kalah meriah. Setiap sudut kota memasang bendera dan umbul-umbul yang menjadi ciri khas. Biasanya perdana menteri India akan secara resmi mengibarkan bendera kenegaraan sebagai penanda perayaan hari kemerdekaan. Setelah itu, dilanjutkan dengan pidato kenegaraan di tengah kerumunan warga.

Seusai menyaksikan pidato dari sang perdana menteri, masyarakat India langsung turun ke jalan untuk melakukan tarian tradisional dengan penuh sukacita. Pawai besar-besaran dari pasukan militer India juga semakin menambah semarak perayaan kemerdekaan. Hentakan musik dan berbagai macam warna-warni nan cerah membuat peringatan Hari Kemerdekaan India semakin semarak.

Qatar (Pesta Tiga Hari)

Qatar  merdeka pada tanggal 3 September 1971. Perayaan hari kemerdekaan di Qatar merupakan pesta tiga hari yang panjang. Satu pekan sebelum memasuki September, biasanya seluruh masyarakat dan Pemerintah Qatar sudah mulai mempersiapkan diri untuk menyambut peringatan hari kemerdekaan.

Pemerintah memberikan waktu libur selama tiga hari kepada seluruh warganya agar dapat berpesta merayakan Hari Kemerdekaan Qatar. Pada puncak perayaan, pemerintah Qatar mengadakan parade militer dengan menampilkan jet-jet tempur yang menghiasi angkasa dan atraksi terjun payung.

Kekuatan maritim Qatar juga ikut memamerkan kapal-kapal laut yang mereka miliki. Parade ini terbuka untuk umum, bahkan banyak wisatawan yang tertarik dan berbondong-bondong menyaksikan parade megah tersebut sehingga jalanan menjadi tumpah ruah.

Sedangkan, di berbagai kota lainnya hari kemerdekaan tersebut dirayakan dengan pertunjukan kesenian dan kebudayaan dengan menampilkan tarian pedang.

Ukraina (Pesta Kembang Api)

Hari Kemerdekaan Ukraina merupakan waktu khusus untuk semua warga, dan pemerintah memberikan waktu libur bagi semua pekerja, sekolah dan kampus. Berbagai jenis kegiatan sosial telah disiapkan oleh pemerintah kota masing-masing. Selain itu, anak-anak bisa menikmati pertunjukan sirkus besar yang berlangsung di tengah kota.

Biasanya saat siang hari, seluruh warga Ukraina akan pergi ke sebuah pasar besar dan berbelanja berbagai macam kebutuhan untuk merayakan pesta pada malam hari. Puncak Hari Kemerdekaan Ukraina, yaitu diadakan pesta kembang api besar-besaran di pusat kota. Setelah itu, biasanya mereka akan berpesta dan makan bersama-sama dengan keluarga, teman, maupun kerabat J

Arab Saudi (Pasar Malam Besar-besaran)

Setiap 23 September, masyarakat Arab Saudi merayakan hari kemerdekaan dengan pasar malam besar. Satu hari menjelang perayaan, biasanya berbagai macam acara sudah digelar dengan menampilkan tarian tradisional di berbagai wilayah.  Ngga Cuma itu, tapi juga memasang berbagai spanduk dan bendera di berbagai penjuru kota. Kalo anak-anak mudanya biasanya menghias mobil mereka dengan atribut Saudi, serta berbagai macam acara digelar di pusat keramaian, salah satunya pasar malam.

Meksiko (Adu Banteng, dan Jambu Biji)

Perayaan kemerdekaan di Meksiko juga tak kalah semarak nih guys. Setiap 16 September, seluruh masyarakat Meksiko menghias berbagai sudut jalan dengan warna merah, putih, dan hijau sesuai dengan warna bendera negara mereka. Setiap kota di Meksiko merayakan hari kemerdekaan dengan cara berbeda. Di Kota Chalma, warga merayakan pertempuran ulang antara pasukan Spanyol dan pejuang Meksiko. Perang ini cukup unik karena setiap warga akan saling melemparkan jambu biji kepada warga lainnya. Selain itu, di wilayah lainnya ada yang menggelar parade dan adu banteng.

Dirgahayu Indonesia yang ke- 70, semoga Indonesia semakin maju dan berkualitas. Kalo menurut kamu, tradisi merayakan HUT-RI yang biasa dilakukan di Indonesia apa sih?

No Comment

leave a Comment

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.