Internet Makin Ngebut!

Internet udah jadi semacam kebutuhan pokok untuk beberapa orang, nggak cuma buat buka sosial media aja, tapi beberapa pekerjaan juga terkait dengan internet. Karena udah jadi kebutuhan orang banyak ini, internet banyak dikembangkan baik dari jaringan maupun aplikasi di dalamnya.

Di beberapa negara maju, jaringan internet yang digunakan sudah mencapai LTE atau lebih banyak dikenal dengan 4G. Sedangkan di Indonesia sendiri, kebanyakan hanya mencapai 3G atau 3.5G. Tapi katanya Telkomsel udah mulai membangun jaringan 4G nih 😮

Emang apa bedanya jarinya 3G sama 4G? Yang pasti sih dari kecepatannya. Kecepatan untuk upload dan download pasti naik dari sebelumnya, kalo turun atau sama yang ngapain :p Seberapa besar sih emang pengaruh kenaikan kecepatan dari 3G ke 4G?

Secara teknisnya, 4G akan berada pada pita frekuensi 2-8 GHz, kalo dibandingain dengan 3G hanya berada di 1,8-2,5 GHz. 4G juga memiliki akses multiple carrier (CDMA atau OFDM), sedangkan 3G hanya terbatas pada Wideband CDMA. Switch yang digunakan untuk 3G adalah circuit/packet, sedangkan 4G menggunakan packet kecepatan penuh.

Gampangnya nih, buat kamu yang sering download game di hp, biasanya butuh waktu 3 menit dengan 3G, jadi cukup dengan 25 detik dengan 4G. Yang hobi streaming music lewat soundcloud atau 8tracks dan lain lain, biasanya butuh waktu buffer 30 detik sampai bisa memainkan lagu tanpa berhenti ditengah-tengah, kamu cukup buffer 1 detik dengan 4G ini. Atau yang suka streaming HD video, kalo biasanya nnggu 1-5 menit buffer sampe bisa muter video tanpa berhenti ditengah, pake jaringan 4G kamu cuma perlu nunggu buffer selama 30 detik. Dan yang hobi selfie, cukup tunggu 1 detik untuk upload foto kamu ke social media dengan jaringan 4G, padahal biasanya butuh 25 detik.

Kurang cepet apalagi coba. Jaringan HSDPA atau 3.5G saat ini memiliki kecepatan hingga 3.6 Mbps. Tapi kalo 4G, dia bisa memberikan kecepatan 100 Mbps saat perjalanan atau di luar dan hingga 1Gbps kalo lagi di rumah 😀 agak bahaya nih buat yang kecanduan internet, makin jarang-jarang keluar kamar ._.

Tapi sabar dulu, baru ada beberapa provider, baik smartphone atau layanan internet rumah, yang menyediakan jaringa 4G ini. Fasilitas disini emang belum selengkap itu untuk menunjang jaringan 4G. Nggak cuma fasilitas dari providernya aja yang belum banyak, tapi juga fasilitas dari smartphone atau alat komunikasi lain yang dipake. Kalo si smartphone ini nggak menunjang untuk menggunakan jaringan 4G, kamu juga tetep gabisa pake walaupun provider kamu udah menyediakan.

Persiapkan diri kamu untuk menyambut jaringan super cepet ini! By the way, mau kamu pake buat apa sih kalo jaringan 4G ini udah tersedia di Indonesia?

No Comment

leave a Comment

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.