Jurusan yang Kamu Mau Beda sama Keinginan Orang Tua?

Pertimbangan memilih jurusan sebenernya banyak banget. Nggak cuma dari sisi kita, tapi juga dari pihak orang tua. Ekonomi orang tua kadang jadi pertimbangan juga. Dan yang sering jadi permasalahan adalah keinginan orang tua.

Nggak sedikit orang tua yang punya keinginan spesifik ingin menjadi seperti apakah anaknya nanti, akan menjadi apa anaknya nanti. Dan nggak sedikit juga dari orang tua tersebut yang agak memaksakan keinginannya. Padahal, apa yang diinginkan orang tua itu belom tentu kita sukai dan bahkan kita belum tentu mampu untuk sekolah dan menyelesaikan kuliah tersebut.

Nah, kalo udah gitu, kita harus gimana dong? Di satu sisi, apa yang diinginkan orang tua kita nggak cocok. Di sisi lain, orang tua kita yang membiayai kita. Terus gimana dong?

Bicarakan dengan Orang Tua

Komunikasi adalah kunci dari semua permasalahan. Pertama, tanyakan kepada orang tua kamu mengapa beliau mengingkan kamu masuk ke jurusan tersebut. Dengarkan apa alasan beliau. Setelah beliau selesai menjelaskan, kamu bisa menjelaskan mengapa jurusan itu tidak sesuai dengan kamu.

Kamu juga bisa jelaskan mengapa jurusan yang kamu inginkan ini lebih cocok dibandingkan pilihan orang tua kamu. Bandingkan untung-rugi, positif-negatifnya dari kedua jurusan tersebut.

Yakinkan Orang Tua

Kalau dengan penjelasan tersebut orang tua kamu masih belum bisa menerima keinginan kamu, coba kamu yakinkan beliau mengenai pilihan kamu. Biasanya, alasan orang tua memilih jurusan tersebut adalah masa depan dari jurusan tersebut terjamin. Nah, tunjukkan bahwa jurusan kamu juga sama suksesnya dengan jurusan pilihan orang tua kamu.

Kamu bisa tunjukkan contoh-contoh orang sukses dari jurusan kalian ke orang tua kalian, mereka kuliah di jurusan yang sama, sebutkan universitasnya, dan bagaimana mereka mencapai kesuksesannya. Bikin riset kecil supaya orang tua paham dengan jurusan kalian dan bagaimana sukses dengan jurusan kalian tersebut.

Make a Deal

Kalau beliau masih belum bisa yakin dengan jurusan kalian, kalian bisa bikin perjanjian kecil dengan orang tua kalian. Hal yang paling mudah adalah dengan berjanji kamu akan mendapat nilai yang bagus. Misalnya aja, kamu akan lulus dengan gelar cumlaude. Otomatis kalian akan bekerja keras dengan kuliah kalian, berusaha mendapatkan nilai yang tinggi dan lulus tepat waktu.

Atau yang sedikit ekstrim, kalian bisa berjanji tidak akan meminta uang sekolah, dan akan membiayai sendiri. Yang satu ini emang agak berat sih, walaupun sebenarnya banyak caranya. Banyak kok tawaran beasiswa, baik dari perusahaan maupun dari universitas sendiri. Kalo kalian emang mau melakukan ini, harus banget melakukan riset mengenai beasiswa. Kalo nggak, ternyata sulit beasiswanya padahal kamu udah janji sama orang tua kamu kan jadi ribet

Do Your Best

Kalo orang tua masih bersikukuh dengan keinginannya, mau nggak mau harus diturutin. Emang berat kalo nggak sesuai dengan keinginan, tapi bukan berarti kamu bermalas-malasan. Kamu usahakan semaksimal mungkin untuk mengerjakan kuliah kamu. Cari sisi lain dari kuliah kamu yang bisa membangun semangat kamu. Cari teman yang bisa memompa semangat kamu untuk kuliah. Good luck!

 

1 Comment

leave a Comment

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.