Kamera DSLR untuk Merekam Video

Sebagai anak muda, kita nggak boleh ketinggalan informasi dan kemajuan teknologi. Nggak cuma anak muda aja sih, yang tua juga nggak boleh ketinggalan sebenernya 😀 Salah satu yang berkembang dengan cepat adalah kamera, terutama DSLR.

Kalau dulu DSLR cuma bisa ambil foto dengan resolusi tinggi, sekarang DSLR juga bisa dipake buat merekam video 😀 dan resolusinya pun nggak kalah dengan kamera yang memang dikhususkan untuk merekam video. Beberapa kamera DSLR memiliki ukuran sensor yang lebih besar dibandingkan dengan kamera rekam video, memiliki kualitas video yang oke, gambar yang dihasilkan juga masih cukup tajam jika di tempat gelap. Selain itu, bisa menggunakan lensa yang beragam, mulai lensa lebar, fix, hingga lensa tele. Namun, karena kamera DSLR diperuntukkan untuk mengambil gambar, tentu ada kelemahan dalam pengambilan video, salah satunya desain bodi yang tidak dirancang stabil saat merekam video.

Ada beberapa kamera DSLR yang bisa kamu pake nih buat merekam video, langsung lanjut bacanya! Dua merk paling ternama untuk kamera DSLR adalah Canon dan Nikon. Akan kita mulai dari DSLR Canon dulu.

DSLR CANON

Semua DSLR Canon yang terbaru sudah bisa merekam video full HD dengan resolusi yang sangat baik dan setiing yang bisa digunakan untuk slow motion. Untuk merekam suara juga sudah tersedia microphone di bodi, ada juga colokan untuk mic eksternal dan pengaturan tingkat audio, termasuk attenuator untuk meredam suara derau angin. Beberapa DSLR Canon yang bisa digunakan akan kita jelasin juga

EOS 700D merupakan kamera segmen menengah bawah namun sudah memiliki fitur video yang baik. Kamera ini sudah menggunakan sistem layar sentuh. Selain itu, EOS 700D juga memiliki deteksi fasa untuk auto fokus, apalagi jika digabungkan dengan lensa STM. Jika menggunakan mode Manual, settingan dapat diganti selama merekam video. EOS 700D juga sudah memiliki mic yang ada di kamera serta port untuk menambahkan mic eksternal.

EOS 70D masuk di segmen menengah ke atas, yang sudah pasti memberikan fitur video yang lebih baik. EOS 70D dapat mengubah auto fokus saat merekam video menjadi lebih cepat. Kekurangan dari EOS 70D ini adalah belum ada port untuk headphone.

EOS 5D MK III adalah kamera andalan Canon, baik untuk segmen foto maupun video. Kamera ini memiliki sensor full frame dan fitur lengkap. Kamera ini lebih cepat dibandingkan dengan EOS700D, dan menyediakan port headphone untuk monitoring audio. Bodinya juga sudah didesain untuk tahan segala cuaca, sehingga untuk merekan video outdoor dengan segala kondisi tidak menjadi masalah.

DSLR Nikon

Walaupun Nikon tidak memiliki banyak pengalaman di bidang videografi, namun Nikon justru menjadi pelopor kamera DSLR yang dapat merekam video, yaitu D90 pada tahun 2008. Pengguna Nikon masih tetap dapat menggunakan lensa yang sudah ada untuk merekam video, tidak harus menggunakan lensa khusus. Namun, pilihan kualitas video sudah setara dengan Canon.

D5300 merupakan salah satu DSLR Nikon generasi baru yang bersaing dengan Canon dalam hal foto dan video. Kamera ini menggunakan prosesor yang baik sehingga bisa menghasilkan video full HD paling tinggi. Mic dalam D5300 sudah stereo, namun juga tersedia port mic eksternal. Kamera ini juga memungkinkan untuk langsung ditampilkan ke monitor LCD. Dengan spesifikasi seperti ini, D5300 termasuk murah, dengan harga 8jutaan saja!

D7100 merupakan penyempurnaan seri D7000, juga dalam hal video. Pada seri ini, Nikon menambahkan stereo mic. Prosesor yang digunakan juga sudah tinggi sehingga bisa menghasilkan video dengan full HD. D7100 juga bisa langsung ditayangkan ke monitor LCD.

Sedangkan D610 merupakan penyempurnaan D600, namun hanya minor update dan tidak ada perubahan dalam video. D610 masih menggunakan mic mono.. Sama seperti dua seri sebelumnya, D610 juga bisa langsung ditayangkan ke monitor LCD. D610 satu-satunya yang menyediakan port headphone untuk membantu monitoring audio selama proses merekam video.

Jika dilihat dari keseluruhan, seri yang paling tinggi harganya adalah Canon EOS 5D Mark III, dapat dilihat dari hasil video yang dihasilkan. Sedangkan yang memiliki harga paling murah adalah seri Nikon D5300. Namun tentu saja, prinsip ada harga ada barang juga akan selalu dipegang. Untuk pemilihan kamera tentu saja tergantung kebutuhan dan anggaran kamu 😉

No Comment

leave a Comment

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.