Menu Iftar (Buka Puasa) Favorit Kamu

Yang namanya puasa, menahan rasa lapar dan haus serta menahan hawa nafsu. Kalo udah nahan seharian gini, biasanya bakal kalap waktu buka. Setiap beli makanan buka alias iftar, rasanya mau semuanya diambil. Begitu waktunya buka, belum ada setengahnya dimakan, udah kenyang duluan.

Oh ya temen-temen tau nggak sih kalau ta’jil itu artinya adalah segera. Berbuka menggunakan ta’jil artinya berbukalah dengan segera. Sedangkan makanan buka puasa adalah iftar. Mulai dibiasakan yuk kalau mau bilang beli makanan buka puasa bukan beli ta’jil tapi beli iftar 😀

Ada beberapa makanan khas yang selalu muncul atau mungkin hanya muncul saat bulan puasa aja. Dan kadang menjadi menu buka puasa wajib temen-temen. Apa aja sih itu?

  1. Kolak

Makanan khas indonesia ini menjadi salah satu makanan yang selalu muncul saat ramadhan. Hal tersebut membuat si kolak seolah-olah menjadi makanan khas ramadhan. Mungkin rasanya yang manis dan bahannya yang mengenyangkan, seperti pisang, dan ubi, bikin makanan ini cocok banget sebagai menu buka puasa.

kolak-pisang-buka-puasa

  1. Kurma

Udah jadi rahasia umum kalau kurma adalah makanan yang disunakan sebagai makanan buka puasa. Rasanya yang manis dan kandungannya membuat kurma menjadi makanan yang bisa mengembalikan energi kamu. Kecil-kecil gini manfaatnya banyak lho. Walaupun bukan makanan yang mengenyangkan, tapi bisa membantu kamu mengembalikan energi.

kurma ramadhan

  1. Sup Buah

Menu berbuka puasa memang cenderung dengan makanan yang manis, begitu juga dengan sup buah ini. Caranya yang sangat mudah membuat sup buah banyak digunakan dan dibuat sebagai menu buka puasa. Rasanya yang manis dan menyegarkan ini membuat semua orang tergiur akan kenikmatannya 😀

Sop_Buah_buka_puasa

  1. Gorengan

Kayaknya makanan yang satu ini udah nggak bisa lepas dari sebagian besar orang indonesia. Walaupun penuh minyak dan sarat gizi, tapi selalu menjadi andalan saat buka puasa. Jenisnya yang beragam dan rasanya yang nikmat bikin kita nggak bisa lepas dari si kecil ini. Selain itu, dia juga memberikan rasa yang berbeda, yaitu asin, di tengah semua masakan manis saat berbuka.

gorengan-buka-puasa

  1. Jajanan pasar

Akan selalu ada pasar kaget di bulan puasa, nggak harus berbentuk pasar, penjajak makanan di pinggir jalan pun banyak bermunculan. Kebanyakan makanan yang dijual adalah jajanan pasar dan aneka minuman untuk berbuka puasa. Kayak gini nih yang biasanya bikin laper mata 🙁

jajanan pasar buku puasa

Kalau kamu, apa jajanan favorit saat bulan puasa gini?

1 Comment

leave a Comment

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.