Michael Paul Smith: Terkenal karena Forced Perspective Photography

Fotografi memang sangat beragam jenisnya, ada yang lebih fokus pada fashion, portrait, landscape, ataupun makanan. Ada lagi nih fotografi yang mungkin belum banyak orang tau, Miniatur Forced Perspective.

Salah satu tokoh yang cukup terkenal pada fotografi ini adalah Michael Paul Smith. Beliau merupakan fotografer dan pembuat model miniatur yang menangangkat forced perspective menggunakan miniatur miliknya.

Forced Perspective Photography

Forced perspectibe merupakan teknik foto dimana objek foto diletakkan lebih jauh dari lensa sehingga akan tampak lebih kecil. Michael memodifikasi teknik tersebut dengan menata model miniatur di posisi depan. Kemudian, ia membuat jalan, pohon, dan lingkungan sekitarnya sebagai latar belakang. Dengan mengatur jarak antara model miniatur dan latar belakang serta mengatur sudut pengambilan gambar, ia bisa menciptakan ilusi optik bahwa latar belakang menjadi tampak lebih kecil dari aslinya dan menyatu dengan model miniaturnya.

Michael Paul Smith

Hasil fotonya tidak pernah ia edit menggunakan photoshop untuk menambah maupun mengurangi detail yang ia hasilnya. Satu-satunya efek yang ia gunakan hanya membuat foto menjadi terlihat lebih tua dari aslinya.

Kamera yang ia gunakan pun bukan kamera DSLR. Ia hanya menggunakan kamera pocket untuk mengambil gambarnya, yaitu Canon PowerShot SX280 HS.

Kamu bakal kaget kalo ngeliat hasil fotonya dengan penataan yang sebenernya dia Michael lakukan. Bisa nih jadi salah satu inspirasi kamu 😀

michael-paul-smith-08

michael-paul-smith-09

michael-paul-smith-07

michael-paul-smith-06

michael-paul-smith-04 michael-paul-smith-05

No Comment

leave a Comment

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.