Serba-serbi HUT RI

Agustus adalah bulan di mana Indonesia memperingati perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan. Ya, tepatnya pada tanggal 17 Agustus Indonesia teah merdeka. Namanya kemerdekaan, sudah sepatutnya dirayakan atau diperingati sebagai bentuk penghargaan kita kepada para pahlawan yang telah berjuang di medan perang memperebutkan kemerdekaan tanah air. Nah, kita sebagai generasi muda sepatutnya pula menjaga dan mengisi hari kemerdekaan ini dengan hal-hal positif.

Hal-hal positif apa saja sih yang umumnya dilakukan untuk mengisi kemerdekaan RI ke-71 ini?

1. Lomba 17’an : cara unik isi kemerdekaan

Sudah menjadi tradisi yang tak pernah terlewatkan menjelang peringatan kemerdekaan. Umbul-umbul menghiasi setiap gang di permukiman penduduk. Ada juga bendera merah putih yang berkibar di tiang bambu milik warga yang dipasang di depan rumah. Ya, hal-hal ini dapat kita jumpai ketika mulai memasuki bulan Agustus yang dilakukan warga sebagai bentuk kecintaannya terhadap tanah air. Selain itu untuk memperingati kemerdekaan biasanya juga diadakan lomba-lomba yang unik sebagai gambaran perjuangan pahlawan dalam merebut kemenangan. Misalnya, lomba balap karung, tarik tambang, balap kelereng, makan krupuk, dan masih banyak yang lainnya. Sederhana sih, tapi indah bukan?

2. Upacara kemerdekaan

Upacara kemerdekaan berlangsung pada tanggal 17 Agustus. Mulai dari tingkatan sekolah, desa, kecamatan, kabupaten, provinsi, dan nasional menyelenggarakan upacara peringatan 17 Agustus. Pada tingkat yang lebih tinggi upacara kemeredekaan biasanya berlangsung lebih mewah, dengan jumlah peserta yang lebih banyak dan pertunjukan budaya-budaya tanah air. Seperti upacara kemerdekaan di istana Negara, mewah dan hikmat. Kebayang ngga sih bisa ikut upacara di istana Negara?

3.Pentas seni kemerdekaan

Setelah seharian berpanas-panasan dilapangan m,engikuti serangkaian kegiatan upacara dan lomba kemerdekaan, malam harinya pemuda-pemudi karang taruna di kampung biasanya menutup peringatan kemerdekaan dengan mengadakan pertunjukan pentas seni kemerdekaan. Pentas seni kemerdekaan ini biasanya menunjukan bakat dan kreativitas anak bangsa. Seperti pertunjukan drama dari cerita rakyat, paduan suara, dan banyak lagi yang lainnya. Waa..pentas seni kemerdekaan apa yang sudah pernah kalian tunjukan?

4.Lomba cerdas cermat kemerdekaan

Lomba cerdas cermat kemerdekaan biasanya dilakukan secara terstruktur oleh badan terkait. Pelaksanaannya tidak selalu di bulan Agustus, mengingat tahap seleksi dari tingkatan terendah sampai tingkat nasional membutuhkan waktuyang tidak singkat. Tentunya lomba ini pun tidak dapat diikuti begitu saja tetapi melalui proses seleksi yang ketat dan penuh perjuangan. Oleh karena itu, beruntunglah para siswa terpilih yangdapat mengikuti seleksi lomba cerdas cermat keerdekaan ini. Nah, buat kalian yang belum memiliki kesempatan lomba ini tetap semangat dan terus berusaha ya!

Itulah keempat hal yang sering kita jumpai dalam peringatan kemerdekaan RI versi team Abankirenk. Masih punya cerita seru tentang peringatan kemerdekaan RI? Yuk sharing di kolom comment ini!

No Comment

leave a Comment

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.