Stop Judging People

Media sosial memudahkan kita dalam banyak hal, salah satunya untuk mengenal orang lain. Nggak perlu ketemu langsung, nggak perlu pergi ke kota lain, melalui online kamu udah bisa berkenalan dan membicarakan banyak hal. Dan kamu bisa dengan mudah menemukan komunitas yang sesuai dengan hobi kamu.

Itu tadi dari sisi positif adanya media sosial saat ini. Semua hal ada sisi baik dan buruk, media sosial juga gitu. Salah satu sisi negatif yang terjadi akibat media sosial adalah mudahnya orang untuk menilai pribadi seseorang. Penilaian yang ia lakukan hanya berdasarkan akun media sosial orang tersebut, padahal dia belum pernah bertemu langsung. Dan nggak jarang juga lho yang merasa bahwa penilaiannya terhadap seseorang berdasarkan akun media sosialnya itu merupakan penilaian yang benar.

Di media sosial, kamu dengan mudah menulis apapun, bisa berupa cerita, opini, saran, bahkan kritik. Cara penyampaiannya pun dibebaskan. Mau secara gamblang, dengan perumpamaan, atau bahkan sarkas. Cara penulisan ini yang akan menimbulkan persepsi pada banyak orang, dan akhirnya menimbulkan penilaian masing-masing.

Sebenernya wajar aja ketika orang membuat suatu penilaian terhadap orang lain, tapi yang menjadi salah satu poinnya adalah, bagaimana dia menyampaikan penilaiaanya tersebut. Sebenernya nggak masalah juga ketika disampaikan secara langsung dan lugas, peniliaian itu bisa menjadi satu kritik yang membangun atau satu bentuk pujian yang pasti akan membuat senang si penerima. Tapi kalau memberikan sarannya seperti menuduh kan jahat juga 🙁

Salah satu platform media sosial yang sedang banyak digunakan saat ini adaah Ask.fm. Platform media sosial ini memungkinkan teman-teman untuk menanyakan apa saja kepada siapa saja. Dan media sosial ini memungkinkan temen-temen menyembunyikan identitasnya saat mengajukan pertanyaan kepada orang lain.

Fitur yang bisa menyembunyikan identitas ini membuat semua orang bisa mengemukakan apa saja tanpa takut kena cemooh dari orang lai atas pertanyaan atau ucapannya. Ini kadang bikin orang semena-mena menanyakan kepada orang lain, mulai dari pertanyaan yang sangat pribadi hingga tuduhan atas penilaiaannya.

Ini nih yang bahaya. Semua orang emang punya kebebasan berpendapat, tapi kita juga harus tau bagaimana membatasi kebebasan tersebut. Walaupun kamu bisa mengungkapkan apa saja, kamu juga harus tau bagaimana cara mengungkapkan pendapat kamu. Apakah pertanyaan itu akan menyakiti hati orang lain, apakah cukup sopan ditanyakan, dan sebagainya. Sebebas-bebasnya berpendapat, kita juga harus bisa menempatkan diri 🙂

Menilai orang itu nggak salah, tapi jangan pernah merasa bahwa penilaianmu itu yang paling benar. Dan sampaikanlah dengan baik, tidak menuduh, dan dengan sopan. Kalau kamu bener, kamu bisa berkomunikasi dan berkenalan lebih jauh lagi sama orang tersebut kok, tapi kalo kamu salah, kamu nggak langsung dapat tuduhan atau penilaian yang kurang baik dari si penerima juga atas penilaian kamu dan cara penyampaian kamu yang kurang baik 😀

No Comment

leave a Comment

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.