Tips Foto Menggunakan Handphone

Hasil foto yang bagus nggak melulu harus pake kamera DSLR kok, kamera handphone aja cukup. Beberapa tips yang kamu perlukan untuk mendapatkan hasil foto yang bagus menggunakan kamera handphone:

  1. Perhatikan pencahayaan. Ambillah foto dengan kondisi cahaya yang bagus, pagi hari atau menjelang senja, kemungkinan untuk mengubah foto biasa menjadi luar biasa cukup besar 😀 Bagi kamu yang ingin foto pada siang hari, perhatikan flare pada lensa. Beberapa orang merasa bahwa efek flare justru menambah bagus hasil foto. Lensa kamera hp yang kecul lebih rentan terhadap efek flare, kontrol flare agar foto yang diambil tetap fokus pada objek. Bagi yang tidak menginginkan flare, bisa tutup lensa dengan tangan sehingga mengurani flare yang masuk.
  2. Jangan gunakan fitur zoom. Hasil zoom dari kamera hp sangat buruk dan bisa menjadi awal dari hasil yang buruk. Kalau ingin mendapatkan gambar yang lebih dekat, dekatkan diri kamu dengan objek. Atau bisa juga dengan cropping sehingga hasilnya tampak dekat. Hasil cropping kadang lebih baik dibandingkan dengan zoom.
  3. Kunci eksposur dan fokus. Dengan aplikasi kamera default, tekan/tap dan tahan tombol Shutter. Ketika tanda kotak berkedip. Artinya eksposur dan fokus sudah terkunci. Setelah itu ambil gambar dengan menekan penuk tombol shutter atau melepas jari dari layar.
  4. Jangan langsung share semua hasil foto kamu. Pilih yang paling baik. Beri sedikit sentuhan atau retouch pada foto tersebut agar hasilnya lebih menarik, namun jangan sampai hasil editannya mengubah total dari hasil foto aslinya ya
  5. Jangan terlalu terpaku dengan teknik. Lakukan observasi untuk terbiasa mendapatkan angle yang baik. Bisa juga degan mempelajari cara kerja fotografer lain, amati, tiru, dan modifikasi caranya untuk mendapatkan hasil foto yang baik.
  6. Ambil foto secara diam-diam akan menghasilkan foto yang lebih alami, terutama ketika kamu mengambil foto objek manusia ataupun keramaian.
  7. Hindari menggunakan flash. Kalau kamu foto saat malam, coba cari sumber cahaya lain untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, tapi jangan gunakan flash bawaan dari hp. Walaupun hasilnya tidak terlalu sempurna, namun masih lebih baik dibandingkan menggunakan flash.

No Comment

leave a Comment

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.