Tradisi Idul Fitri di Dunia

Idul Fitri, selain salah satu ibadah yang dilakukan oleh umat muslim, kaya akan tradisi dalam perayaannya. Nggak cuma Indonesia aja yang punya tradisi saat merayakan Idul Fitri, beberapa negara lainnya juga memiliki tradisi sendiri. Apa aja sih tradisinya? Kita lihat yuk

  1. Arab Saudi

Di Riyadh, Arab Saudi, perayaan lebaran ini kaya dengan kesenian. Banyak pagelaran seni yang diadakan, seperti teater, baca puisi, parade, dan pertunjukan musik. Sedangkan dari segi makanan, Arab Saudi akan menyajikan daging domba yang dicampur dengan nasi dan sayuran lokal.

  1. China

Kalau temen-temen mengenal tradisi berkunjung dan berdoa di makan nenek dan kakek yang sudah meninggal, begitu juga dengan China. Pada hari lebaran, umat muslim di China akan ke makam leluhur, membersihkan dan mendoakan leluhur yang sudah tiada. Pada saat ziarah ke makam leluhur, para pria mengenakan jas khas dan kopiah putih, sedangkan wanita menggunakan baju hangat dan kerudung setengah tutup.

  1. Turki

Sama dengan di Indonesia, anak-anak di Turki juga akan melakukan sungkem, bersalaman dan sembah sujud kepada orang tua sesuai sholat Idul Fitri. Orang tua kemudian akan membalas dengan ciuman di kedua pipi sebagai simbol kasih sayang. Tradisi lainnya di Turki adalah saling mengantarkan manisan kepada kerabat di hari raya Idul Fitri. Sehingga nama lain untuk Idul Fitri adalah Festival Gula.

  1. India

Pusat perayaan Idul Fitri India berada di New Delhi. Banyak umat Islam yang datang ke New Delhi dan melakuka shalat Id di Jama Masjid. Makanan khas di India saat Idul Fitri adalah siwaiyaan, yaitu campuran bihun manis dengan buah kering dan susu. Saiwayaan ini memiliki beragam bentuk dan warna penyajian.

  1. Malaysia

Negara yang masih satu rumpun dengan Indonesia ini merayakan Idul Fitri dengan cara yang tidak jauh berbeda. Hidangan khas yang disajikan saat Idul Fitri sangat mirip dngan Indonesia, yaitu ketupat, lemang, lontong, dan rendang. Setelah selesai Idul Fitri, anak-anak akan memberi hormat kepada orang tua. Dan orang-orang yang sudah dewasa dan berpenghasilan memberikan uang kepada kerabat yang lebih muda.

1 Comment

leave a Comment

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.