4 Alasan Kenapa Nyontek itu Nggak Keren

Mendekati Ujian Nasional dan banyak materi yang belum dikuasai. Salah satu cara paling mudah untuk menghandle hal tersebut adalah dengan mencontek. Duh, tapi masa iya udah 2016 gengs masa masih mau nyontek?

Udah bukan jamannya lagi buat nyontek. Nyontek sih cuma boleh dipake sama pengecut, nggak berani ngadepin musuhnya sendiri. Ibarat lagi mau turnamen taekwondo nih, yang harusnya 1 lawan 1, tapi jadi 1 lawan 3 gara-gara nggak berani duluan. Cewek-cewek sih maunya yang berani ngadepin 1 lawan 1, jantan gitu.

Dan nyontek itu nggak jauh beda sama maling. Kenapa? Karena kamu mengambil hak orang lain. Jawaban yang kamu ambil hak temen kamu, bukan kamu. Kalo kamu nyontek nggak pake ijin, ya kamu sama aja mengambil barang yang bukan milik kamu. Dan kalo misalnya temen kamu udah kasih ijin, kamu juga masih maling, mengambil kesempatan dan kepercayaan pengawas, bahkan dari orang tua yang yakin bahwa kamu menjawab ujian dengan sebaik mungkin. Sayang dong susah-susah sekolah, orang tua bayarin uang sekolah, kalo di akhirnya jadi maling juga?

Nggak cuma dalam olah raga aja kamu harus sportif, tapi begitu juga dengan ujian. Kalau temen-temen kamu mengerjakan dengan jujur, serius, dan penuh perhitungan, kamu juga harus bisa begitu. Di saat temen-temen kamu berusaha dengan keras, masa kamu curang dan nggak sportif? Duh, malu deh!

Dengan kamu nyontek, mungkin ujian kamu bisa dapet nilai yang lebih tinggi, tapi bukan jadi lebih pintar. Nyontek bikin kamu malas untuk mempelajari lebih lanjut dan berujung dengan makin nggak ngerti dengan pelajaran tersebut. Kalo kamu ngerasa nggak mampu, ya harus dipecut lagi semangatnya buat belajar lebih keras lagi.

Sadar kan kalo nyontek itu nggak keren? Makanya jangan dilanjutin 😀

No Comment

leave a Comment

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.