4 Tips buat kamu yang lagi bingung mau pilih Universitas

Setelah bingung milih jurusan, kebingungan selanjutnya adalah milih universitas. Buat yang nggak mau pindah dari kota tempat tinggalnya, bingungnya cuma sampe tahap bingung milih jurusan. Tapi buat yang feksibel mau kemana aja, universitas juga jadi pertimbangan.

Banyak faktor untuk memilih universitas. Nah, abank bantu share nih apa aja yang harus dilihat ketika kamu memilih universitas.

Kualitas jurusan di universitas

Walaupun universitasnya terakreditasi A, tapi bukan berarti semua jurusan dan program studinya juga terakreditasi A.Walaupun kualitas dari universitas juga berpengaruh, tapi nggak selalu sama. Misalnya, program studi tersebut baru di universitas tersebut, akreditasinya tentu akan di bawah universitas yang telah lama memiliki prodi tersebut.

Ketika akreditasinya baik, artinya prodi tersebut telah memiliki fasilitas yang lengkap, tenaga pengajar yang berkualitas, dan alumni yang kompeten. Nah, kalo kamu mau mendapatkan yang terbaik, pilih universitas dimana jurusan yang kamu mau punya akreditasi A.

Kegiatan akademin dan non-akademis

Beberapa orang berpikir nggak hanya mau kuliah aja, tapi juga aktif berkegiatan. Selain mengisi waktu, menambah pengalaman, mungkin juga bisa mendekatkan dengan jodoh :p Nah, buat yang bener-bener pingin punya kegiatan selain akademis, ini juga perlu diperhatikan. Setiap jurusan yang kamu mau di tiap universitas memiliki himpunan, ukm, maupun BEM masing-masing. Ini juga perlu kamu cari tau.

Nggak semua himpunan dan sebagainya memiliki keaktifan yang tinggi. Walaupun dia ada, tapi perlu kamu lihat juga keaktifannya, kegiatan yang pernah dibuat, atau lomba yang pernah dimenangkan. Kalo pingin bisa aktif ikut lomba juga, ini penting banget, apakah jurusan di universitas tersebut menunjang untuk itu.

Jarak dari tempat tinggal

Ini perlu dipertimbangkan buat kamu yang gampang home sick. Biasanya ini terjadi sama anak tunggal atau anak yang jarang banget jauh dari orang tuanya. Kenapa perlu dipertimbangin? Kalo kamu nggak yakin bisa jauh dalam waktu yang lama sama orang tua, jangan cari universitas yang jauh dari tempat tinggal. Kalo kamu tiba-tiba kangen banget bakal susah pulang. Kalo deket kan bisa curi-curi waktu pulang.

Keadaan Finansial

Finansial ini cukup berpengaruh dalam pemilihan sekolah. Kalau finansial kamu pas-pasan dan universitas yang kamu inginkan ada di luar kota, terutama kota besar, akan berat buat kamu. Walaupun biaya kuliahnya tidak terlalu tinggi, tapi biaya hidup akan cukup tinggi, ini yang akan memberatkan. Ada baiknya kalau mau kuliah di luar kota, cari kota dimana ada sodara kamu disana. Jadi kamu bisa menghemat pengeluaran kos dan makan :p

Finansial juga bisa diakali dengan beasiswa. Kalo kamu rajin cari beasiswa, baik dari kampus atau dari perusahaan, ini bisa cukup membantu kamu. Banyak universitas yang memberi beasiswa pada mahasiswa yang lemah di finansial atau memiliki prestasi yang baik., begitu juga dengan perusahan. Kamu harus rajin mencari info mengenai ini. Kalo bisa dapet, selain mengurangi beban biaya kamu, juga menjadi kebanggaan sendiri bisa mendapat beasiswa lho!

Dimanapun nanti kamu diterima, yang terpenting bukan apa Universitasnya, tapi bagaimana kamu berperan didalamnya. ┬áSemoga Sukses ­čÖé

No Comment

leave a Comment

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.