5 Alasan Mengapa Hasil Foto Kurang Tajam

Selain harus bisa menemukan angle yang pas, ketajaman foto juga harus diperhatikan. Kalau angle sudah pas, komposisi sudah oke, bahkan warna cukup baik, tapi ketajamannya nggak pas, hasil fotonya masih bisa dibilang tidak memuaskan. Kadang, sudah berupaya sedemikian rupa agar hasil fotonya tajam, namun belum maksimal juga. Sebenernya apa aja sih penyebab foto belum tajam juga?

Shutter Speed Kurang Cepat

Perlu diperhatikan, saat kamu memegang kamera, jangan gunakan shutter speed lebih lambat dibandingkan 1/panjang focal. Misalnya kamu memotret dengan lensa 50mm, maka sebaiknya shutter speed yang digunakan minimal 1/60 atau kamu bisa menggunakan shutter speed lebih cepat, tapi jangan sampai lebih lambat. Pastikan kamu pegang kamera dengan stabil ya. Semakin panjang focal length lensa, semakin cepat shutter speed yang digunakan.

Perhatikan Pergerakan Subyek

Aturan di atas, bahwa shutter speed lebih lambat dibandingkan 1/panjang focal, digunakan saat memotret benda diam dan kamu juga diam. Kalau kamu mengambil gambar benda bergerak, atau kamu bergerak saat mengambil gambar, kamu perlu shutter speed yang lebih cepat. Dan perlu beberapa teknik yang digunakan saat salah satu dari obyek atau fotografernya bergerak.

Memotret wide open

Memotret dengan lensa seperti 50mm f/1.8 membuat kita menggunakan bukaan terbesar, yaitu f/1.8. Namun sebenarnya lensa secara fisik memiliki kelemahan menghasilkan foto super tajam saat dipakai di aperture terbsesarnya. Kamu bisa turunkan bukaan sedikit, misal menjadi f/2 atau f/2.8 untuk menghasilkan foto yang tajam.

ISO Tinggi

Memotret dengan ISO yang tinggi akan beresiko noise yang juga tinggi pada hasil foto. Walaupun kamera saat ini sudah cukup canggih, namun noise akan tetap muncul saat menggunakan ISO yang terlalu tinggi. Noise akan tetap terlihat saat memaksa menggunakan ISO tinggi kecuali jika menggunakan kamera kelas atas. Noise akan menyebabkan detail dalam foto tampak kurang tajam dan mengurangi ketajaman foto secara keseluruhan.

Kualitas Cahaya

Kualitas cahaya akan memengaruhi ketajaman hasil foto. Saat cahaya dalam kondisi kontras yang pas, perbedaan antara gelap dan terang yang cukup baik, maka dengan kualitas cahaya yang baik akan menghasilkan gambar yang tajam. Namun, jika kondisi cahaya rata, flat, dan kurang kontras, maka hasil foto terlihat kurang tajam. Secara teknis mungkin sudah tajam, tapi secara visual terlihat biasa dan tidak tajam.

No Comment

leave a Comment

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.