5 “Jangan Lupa” yang Harus Kamu Ingat Mendekati Ujian

Ngga kerasa ya sekarang udah masuk musim ujian aja. Khususnya buat temen- temen yang sekarang duduk di bangku kelas 3 pasti lagi sibuk- sibuknya ikut bimbel, try out sana- sini, atau bahkan memilih private course supaya lebih efektif. Bersungguh- sungguh belajar supaya UN nya sukses emang ngga ada salahnya ko, tapi kadang temen- temen juga harus inget, kalo keberhasilan akademik temen- temen ngga cuma dari belajar yang tekun aja, karna banyak loh yang bilang orang pintar bakal kalah sama orang bejo. So, Bukan hanya komponen akademik aja nih yang harus dimantepin mateng- mateng, tapi komponen sekunder lainnya juga wajib temen- temen perhatiin. Komponen sekunder itu kayak apasih? Supaya temen- temen ngga bingung, sini abank kasih tau

Jangan Lupa Makan

Walaupun 24 jam waktu temen- temen kebanyakan diabisin di sekolah buat belajar, tapi temen- temen juga jangan sampe melewatkan 1 hal yang ngga kalah penting nih, yaitu makan. Ditengah sibuknya temen- temen ngerjain soal, diskusi kelompok, atau ngebahas soal, temen- temen harus tetep inget makan. Jangan sampe waktu istirahat masih dipake juga buat belajar. Karena tubuh bukan robot, jadi harus diberi energi, energi utama yang temen- temen butuhin adalah nutrisi. Maka dari itu, jangan sampe lupa makan ya temen- temen, kalo lupa nanti bisa sakit, kalo udah sakit kan semuanya juga akan terhambat.  Oiya, jangan lupa minum air putih minimal 8 gelas sehari ya 🙂

Jangan Lupa Olahraga

Olahraga juga ngga kalah pentingnya nih buat menjaga kesehatanmu. Luangkan waktu minimal 30 menit/hari buat olahraga, ngga usah olahraga berat juga ngga papa ko, jogging di waktu weekend juga ngga ada salahnya.

Jangan Lupa Tidur

Mungkin kamu emang lagi sibuk- sibuknya nyiapin materi buat ujian nanti. Apapun bentuk ujiannya, mau itu ujian sekolah, ujian praktek, bahkan ujian nasional, kamu pasti bela- belain begadang demi menguasai materi yang akan di ujikan. Eitsss, tapi sebenernya begadang itu cuma nambah penyakit loh, emang sih kamu begadang demi ngapalin materi buat ujian besok, tapi kamu tau ngga sih, bukannya ujiannya lancar yang ada malah berantakan karna kamu ngga konsen dan ngantuk waktu ngerjain soal. So, mending kalo kamu udah ngantuk, belajarnya di stop dulu terus tidur, pasang alarm, nah nanti 1/3 malam bangun lagi buat ngelanjutin belajar. It will be worth it ko  buat dicoba 🙂

Jangan Lupa Main

Sesibuk- sibuknya kamu demi persiapan menjelang musim Ujian, ngga ada salahnya kok kalo kamu ngeluangin beberapa jam dari waktu 24 jam yang kamu punya buat main. Main ngga berarti harus jauh ko, cukup hangout sama temen- temen, keluarga, atau orang terdekatmu, juga bakal bikin kamu sejenak melupakan pusingnya materi yang harus dikuasain menjelang musim ujian nanti. So, jangan panik mari piknik 🙂

Jangan Lupa Bahagia

Mentang- mentang otakmu lagi riweh- riwehnya mikirin pelajaran buat ujian, tapi suasana hatimu jangan sampe riweh juga ya. Jangan sampe pusingnya kamu, malah ngebuat kamu jadi badmood, kan bahaya. Apalagi kalo sampe orang- orang sekitarmu kena efek “moody” mu yang tiba- tiba, kan kasian. Pokoknya, sepusing apapun kamu,  keep your mood, and always to be a good person. Tetap ceria dan Jangan lupa Bahagia 🙂

 

And yeah, That’s 5 things ‘Don’t Forget’ that you should remember guys. Semoga temen- temen semua sukses ya ngerjain semua soal pas ujian nanti. Pokoknya temen- temen harus inget, tidak ada usaha yang membohongi hsil. Keep Fighting!!

No Comment

leave a Comment

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.