5 Teknik Belajar yang Banyak Digunakan

Setiap orang punya cara belajarnya masing-masing. Cara belajarnya yang dianggap paling mudah atau paling enak supaya dapat mengerti pelajaran tersebut. Apa aja sih cara belajar ini?

  1. Read Notes

Beberapa orang akan membuat catatan kecil mengenai pelajaran yang sedang dipelajari. Catatan tadi biasanya berisi hal-hal penting, kisi-kisi yang mungkin keluar dalam ujian, atau hal-hal yang dia belum benar-benar paham. Catatan kecil ini akan membantu memudahkan kita untuk mengingat apa saja yang harus dimengerti.

  1. Rewrite notes

Di kelas biasanya guru menerangkan dengan cukup cepat sehingga kita tidak sempat mencatat. Kalaupun mencatat, biasanya jelek banget tulisannya. Beberapa orang akan menyalin kembali catatan itu supaya lebih lagi. Nah, disini orang tersebut memanfaatkan untuk belajar lagi materi tadi. Hal-hal yang belum dimengerti akan dicari lebih lanjut informasi pendukungnya, sehingga dia akan paham apa yang telah dipelajari.

  1. Review highlighted colom/margin information

Ini adalah cara yang cukup banyak digunakan, dengan memberi warna pada bagian penting atau bagian yang belum dimengerti. Pertama, perlu membaca dahulu berdasarkan catatan atau materi dari guru bagian-bagian mana saja yang perlu dibaca. Lalu bagian-bagian tersebut akan diberi warna tertentu. Setelah semua sudah, lalu akan dibaca ulang untuk mengerti lebih lanjut. Tapi jangan sampe semua dikasih warna ya. Sama aja dong ;p

  1. Use flashcard

Hampir sama dengan membuat catatan, hanya saja catatan ini dibuat dalam kertas kotak-kotak kecil. Catatan biasanya akan dibuat per kartu berdasarkan keterkaitan ilmunya. Misalnya nih, masukin 2 rumus dalam 1 flashcard karena 1 rumus tadi adalah turunan dari rumus yang lain. Untuk materi yang sudah sedikit berbeda akan dibuat dalam flashcard yang lain.

  1. Make Examples

Cara ini cukup jitu untuk memahami materi yang benar-benar belum kamu mengerti. Contoh yang dibuat bisa kamu buat sendiri atau hasil googling. Banyak kok di google contoh-contoh dari pelajaran yang kamu pelajari dan bisa kamu pake untuk kamu belajar 😀

No Comment

leave a Comment

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.