9 Tips Komposisi Fotografi oleh Steve McCurry

Banyak tips yang diberikan oleh berbagai situs maupun ahli fotografi, mulai dari tips secara umum hingga tips untuk fotografi tertentu. Salah satu fotografer yang reputasinya sudah tidak diragukan lagi adalah Steve McCurry. Beliau adalah salah satu fotgrafer ternama dari National Geographic. Karirnya yang sudah berjalan selama 30 tahun membuat hasil karyanya sudah tidak diragukan lagi. Beliau sudah pernah melewati masa fotografi menggunakan analog hingga digital.

Tidak kalah dengan yang lain, Steve McCurry juga memberikan sedikit tips komposisi fotografi secara umum. Beliau menampilkan dalam suatu video yang akan kita bahas disini.

  1. Rule Of Thirds

Sedikit ulasan mengenai rule of thirds, adalah pembagian foto menjadi tiga bagian sama besar secara vertikal maupun horisontal, sehingga akan ada 2 garis vertikal dan 2 garis horisontal yang membagi foto menjadi 9 kotak sama besar.
Berdasarkan tips Steve McCurry, letakkan bagian foto yang ingin ditonjolkan pada pertemuan antara garis horisontal dan vertikal, bisa diletakkan diantara 4 titik pertemuan garis tersebut sesuai keinginan kamu.

rule-of-thirds-mccurry

  1. Leading Lines

Leading Lines alias garis penuntun berfungsi untuk mengarahkan mata agar bergerak sepanjang jalur tertentu mengikuti arah foto. Leading lines memberi struktur dan tatanan agar foto enak dipandang.

Gunakan elemen-elemen alami sebagai leading line untuk mengarahkan mata yang melihat. Ambil gambar sebaik mungkin sehingga leading line dapat tampak cukup jelas dan menarik perhatian

garis-penuntun-mccurry

  1. Diagonals

Garis diagonal akan membuat pergerakan yang menakjubkan. Garis diagonal bersifat lebih dinamis, memberikan nafas dalam kompoisi sehingga foto terkesan lebih hidup.

garus-diagonal-mccurry

  1. Framing

Framing bisa didapatkan dari sekitar objek foto. Framing bisa menggunakan jendela maupun pintu di sekitar objek foto.

framing-mccurry

  1. Figure to Ground

Buat kontras antara objek foto dan backgorund nya sehingga objek foto akan lebih menonjol dibandingkan background.

background-mccurry

  1. Fill The Frame

Tips ini lebih digunakan untuk foto manusia single alias satu. Jika kamu mengambil gambar seseorang, ambillah gambar secara dekat dan penuhi frame dengan subjek tersebut.

fill-frame-mccurry

  1. Center Dominant Eye

Sama dengan sebelumnya, tips ini juga digunakan untuk mengambil gambar orang. Jika terdapat mata yang dominan, letakkan mata tersebut pada tengah frame. Hal tersebut akan menimbulkan impresi mata tersebut mengikuti kamu atau yang melihat gambat tersebut.

mata-mccurry

  1. Patterns and Repetition

Mengambil gambar berupa patern yang berulang akan selalu menyenangkan secara visual. Namun akan lebih menyenangkan lagi jika pattern tersebut “terganggu” atau terdapat interupsi di dalamnya.

pola-mccurry

interupsi-mccurry

  1. Symmetry

Sama seperti pattern yang berulang, simetri juga menyenangkan untuk dilihat.

simetri-mccurry

 

Di akhir video, terdapat pesan dari Steve McCurry, Komposisi merupakan hal penting, namun peraturan dibuat untuk dilanggar, sehingga nikmati hasil karyamu sendiri, ambillah foto dengan cara dan gayamu sendiri.

No Comment

leave a Comment

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.