Aksesori DSLR saat Merekam Video

Kamera DSLR emang makin canggih, bisa kamu pake juga buat merekam video. Tapi kamera DSLR tidak didesain khusus untuk merekam video, jadi masih ada beberapa kekurangan. Kekurangan yang sangat terasa adalah bodi yang tidak stabil.

Selain itu perubahan fokus pada lensa DSLR memiliki setting yang digunakan untuk foto, yaitu perubahan fokus yang cepat. Sedangkan untuk merekam video, dibutuhkan lensa dengan perubahan fokus yang lambat dan halus.

Ada juga beberapa kamera yang built-in mic nya tidak terlalu sensitif sehingga kualitas suara yang dihasilkan tidak terlalu bagus. Nah, untuk mengatasi itu, ada beberapa aksesoris yang bisa kamu pakai

Aksesori Penstabil

Karena tidak didesain khusus untuk merekam video, bodi kamera DSLR tidak stabil. Kalau tangan nggak stabil pegang kamera saat merekam, video yang dihasilkan juga akan keliatan goyang. Nah ada aksesori yang bisa dipakai untuk merekam yaitu handheld. Aksesori ini sangat berguna saat kamu mengikuti objek yang direkam.

Ada juga yang berupa rig yang digenggam atau berupa shoulder rig. Aksesori ini akan meneruskan beban ke bagu atau dada, sehingga didapatkan tingkat kestabilan yang lebih baik.

Seperti saat digunakan untuk foto, bisa juga dengan tripod, tapi tentu saja berbeda dengan yang digunakan saat merekam video. Tripod ini harus bisa memudahkan saat mengayunkan kamera.

Aksesori Kamera Bergerak

Untuk membuat gerakan yang mulus tentu tidak bisa hanya mengandalkan tangan. Aksesori yang bisa menunjang gerakan ini biasanya berupa slider, dolly track, atau porta-jib. Slider biasanya memiliki roda sehingga bisa bergerak ke segala arah. Ada juga aksesori yang merupakan gabungan antara penstabol dan jmenunjang gerakan kamera, yaitu glide cam.

Pengatur Fokus

Seperti yang udah disebutin tadi, lensa kamera DSLR punya sistem auto fokus yang cepat, kurang pas kalo diterapin untuk merekam video. Untuk mengatasi ini, bisa digunakan follow focus. Follow focus ini terdiri dari sebuah knob yang kita putar, knob ini akan terhubung dengan ring manual fokus di lensa jadi bisa bantu kita saat mengatur fokus manual.

Mic dan Headphone

Rata-rata kamera yang menunjang rekam video sudah memiliki built-in microphone. Tapi untuk menunjang kualitas ada baiknya ketika nambahin aksesoris mic eksternal. Dengan mic eksternal kita bisa menentukan jenis mic yang sesuai dengan penggunaan dan kualitas yang lebih baik. Ada bagusnya juga menggunakan headphone, jadi kita bisa tau suara apa aja yang masuk saat merekam dan melakukan rekaman ulang saat ada suara yang tidak diinginkan masuk.

Emang bakal ngeluarin sedikit biaya lebih banyak sih, tapi kalo kualitas video nya lebih bagus, nggak masalah kan?

1 Comment

leave a Comment

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.