Apa Aja yang Harus Ada di Buku Tahunan Sekolah

Salah satu penentu harga buku tahunan sekolah adalah jumlah halamannya. Nah, sebenernya isi dari buku tahunan itu seharusnya apa aja sih?

Yang pasti harus ada foto kamu dan temen-temen kamu 😀 Ya namanya juga buku tahunan untuk angkatan kamu, masa nggak ada kalian :p. Selain itu juga perlu biodata kamu dan temen-temen kamu. Tujuan dari buku tahunan kan sebenernya foto dan biodata itu sendiri, jadi itu yang utama.

Nah, gimana nentuin jumlah orang per halamannya? Rata-rata, per halaman diisi oleh 5 orang. Jumlah ini adalah jumlah yang pas, nggak terlalu sedikit tapi nggak terlalu banyak juga. Kalo mau jumlah halamannya lebih banyak lagi, kamu bisa tambahin jumlah orang per halamannya, kalo kami saranin sih paling banyak 7.

Penempatan biodata juga tergantung jumlah halaman dan konsep layout buku tahunan kamu ya. Kamu bisa taro biodata di dalem foto buku tahunan, bisa di samping foto, di bawah foto, atau bahkan di halaman lain. Untuk conth layoutnya, bisa cek di sini ya 😀

Selain foto dan biodata, kamu juga perlu tampilin profil sekolah kamu. Kalo nggak ada nanti bingung dong ini angkatan mana :p Untuk profil sekolah ini tergantung kamu, bisa mulai dari foto sekolah, visi, misi, dan sambutan kepala sekolah. Ada juga yang menampilkan hymne sekolah. Seberapa banyak dan apa aja yang ditampilin ini bebas sesuka kamu. Kalau dana buku tahunan ini ada yang dari sekolah juga, ada baiknya meminta pertimbangan dari sekolah apa saja yang perlu ditampilkan.

Salah satu yang paling berjasa di sekolah adalah guru. Jangan sampe guru-guru ini nggak ada di buku tahunan kamu. Kebanyakan sih hanya menampilkan foto seluruh guru dan karyawan. Tapi kalo semisal kamu punya dana lebih, nampilin data guru juga boleh. Bisa hanya alamat, nomor hp, atau email. Jadi kalo ada diantara kalian yang mau menghubungi guru kamu akan lebih mudah 😀

Untuk tambahan lainnya, bisa juga nampilin ekstrakurikuler dan organisasi. Kalo untuk 2 hal ini nggak perlu kamu sediain satu ekskul satu kok, cukup beberapa halaman aja. Nanti foto-foto tersebut akan dijadikan satu, tapi fotonya masih cukup jelas untuk dilihat. Bisa juga kamu tambahin acara yang diadakan oleh angkatan kamu, misal charity atau pensi dan sebagainya.

Yang nggak jarang tampil di buku tahunan juga adalah behind the scene. Behind the scene ini bisa behind the scene selama proses pembuatan buku tahunan sekolah atau selama 3 tahun di SMA, terserah temen-temen.

Yang pasti harus ada lagi adalah cover. Jangan sampe cover nggak dihitung ya 😀 dan halaman abankirenk juga perlu dong :p

Nah, kalo kamu ada tambahan lagi nggak?

No Comment

leave a Comment

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.