Before You Travel

Menuju kenaikan kelas atau menunggu masuk kuliah emang jadi waktu paling tepat buat temen-temen menyempatkan diri untuk berlibur. Tempat liburan yang udah diinginkan dari entah kapan bisa kamu datangi nih sekarang.

Sebelum memulai perjalanan, kamu tentu harus menentukan beberapa hal terlebih dahulu supaya nggak ada yang ketinggalan atau baru sadar kalo ada yang kurang di tengah jalan. Kita lihat yuk apa aja yang kamu perluin selama traveling.

  1. Know What You Want

Buat yang belum tau mau pergi kemana, jangan batalin jalan-jalan kamu hanya karena kamu bingung mau kemana. Kamu bisa cari tujuan wisata kamu dengan beberapa cara, misal cari yang sesuai dengan budget kamu, cari tempat yang ingin kamu kunjungi atau kegiatan yang ingin kamu lakukan di sana. Misalnya, kalo kamu ingin coba tantangan baru, kamu bisa coba naik gunung, tentu saja ditemenin sama temen amu yang udah biasa naik gunung. Jangan lupa siapin fisik juga. Atau kamu yang suka pantai, bisa datang ke karimun jawa.

  1. Do Research

Kalau kamu ingin menggunakan travel agent untuk kemudahan, atau ngikut keputusan temen-temen seperjalanan kamu mau kemana, kamu tetap harus cari tau mengenai tujuan wisata kamu itu. Kamu bisa cari tau apa yang sebaiknya dikunjungi di kota tersebut, penawaran-penawaran yang ada di tempat wisata di kota tersebut, atau event-event tertentu di kota tersebut. Kalo kamu udah merencanakan dari jauh-jauh hari, kamu bisa mendapatkan harga tiket pesawat yang cukup murah lho, apalagi kalo bisa dapet promo 😀

  1. Get to Know Abanout The Local Things

Selain bisa menekan budget, hal ini juga bisa bikin kita lebih kenal dengan tempat yang akan kita datangi. Kamu nggak cuma bisa berlibut ke tempat yang bagus, kamu juga bisa tau culture yang yang ada di sana, yang boleh dan tidak boleh dilakukan, yang direkomendasikan, dan sebagainya. Lumayan banget kan kamu bisa dapet pengalaman dan pengetahuan sekaligus 😀

  1. Secure Your Documents

Pastikan kamu punya soft file atau kopian dari seluruh dokumen penting kamu, misal paspor, tiket pesawat, dan lain lain, siapa tau tiba-tiba ada hal buruk terjadi seperti dokumen-dokumen tersebut kecuci, ketinggalan di hotel, dan sebagainya. Jangan sampe kamu bermasalah sama hal penting gini ya, apalagi kalo kamu pergi ke luar negeri.

  1. Pack Light

Kalo kamu berencana untuk pergi ke banyak tempat, usahakan untuk membawa sesedikit mungkin. Jangan membawa barang-barang berharga yang mengundang kriminalitas dan akan menyusahkan kamu kalo sampe barang kamu hilang. Sebisa mungkin jangan membawa barang-barang yang berat, apalagi kalau nggak kamu butuhin. Kan sayang malah bikin capek padahal nggak penting.

 

Persiapa yang matang akan bikin perjalanan kamu semakin menyenangkan 😀

2 Comments

leave a Comment

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.