Contoh Menu Sehat Sehari-Hari

Saat ini sedang marak yang namanya hidup sehat. Ada yang demi berat badan ideal, ada juga yang memang karena sadar bahwa pola hidup sehat itu penting. Pola hidup sehat bisa didapatkan melalui 2 hal, makanan dan olahraga. Kita bahas dulu tentang makanan yuk.

Banyak katering yang menawarkan menu sehat, ada yang diet mayo selama 13 hari untuk menurunkan minimal 6 kg, ada juga yang menu sehat sehari-hari. Tapi harganya cukup mahal untuk kantong pelajar dan mahasiswa. Kalo duitnya pas tapi pingin sehat juga gimana dong?

Beberapa menu atau makanan pengganti yang lebih sehat memang lebih mahal daripada bahan kebanyakan. Tapi bukan berarti akan sangat mahal kok. Sekarang kita lihat yuk menu dan bahan yang kamu sebaiknya makan sehari-hari

Sarapan

Menu sarapan sebaiknya diisi dengan karbohidrat 25% dan protein 75%. Salah satu contoh menu yang bisa kamu makan adalah 2 butir telur yang dimasak dalam bentuk scrambled eggs dan 1 iris roti gandum utuh. Kalau kamu nggak suka roti gandum, kamu bisa juga ganti dengan kentang rebus atau panggang.

Makan Siang

Menu makan siang sebaiknya terdiri dari protein, karbohidrat, sayur, dan buah. Contoh menu yang bisa kamu makan untuk makan siang adalah ayam panggang 85 gram, sayur hijau setengah cup, buah berri setengah cup, dan roti pita. Roti pita ini emang jarang bisa kamu temui di Indonesia, bisa kamu ganti dengan makanan karbohidrat lainnya. Hindari karbohidrat warna putih ya.

Makan Malam

Kandungan yang kamu perlukan saat makan malam sama dengan makan siang, protein, karbohidrat, sayur, dan buah. Kamu bisa membuat menu ikan 110 gram, sayuran satu cup, quinoa 1 cup, dan buah setengah cup. Quinoa juga merupakan bahan yang tidak mudah ditemukan dan agak mahal. Kamu bisa cari penggantinya sesuai selera dan budget kamu. Tapi ingat, hindari karbohidrat putih!

1 Comment

leave a Comment

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.