Gimana sih cara nentuin tema buku tahunan sekolah?

Buku Tahunan Sekolah emang jadi salah satu peninggalan jaman SMA yang ada wujudnya. Ada foto-foto bareng temen di dalemnya, nomer hp yang kalo kangen langsung bisa hubungi mereka. Sebagai salah satu peninggalan SMA, semua pasti kepingin peninggalannya ini lain dari yang lain.

Salah satu yang bisa membedakan atau membuat buku tahunannya lain dari yang lain adalah tema foto buku tahunannya. Semua pasti pingin tema nya bisa memberi kesan dan nggak bikin bosen pas kita liat besok-besok. Tapi kalo mau yang wah, bakal susah dong cari kostum dan lain sebagainya? So, yuk kita bahas gimana sih cara nentuin tema buku tahunan sekolah

Finansial temen-temen sekelas

Finansial temen- temen juga harus disesuaikan. Soalnya. ketika kamu ingin bikin tema buku tahunan yang beda, yang wah, dan memberi kesan mendalam, beberapa tema ini bakal bikin kamu ngerogoh kocek lebih dalam lagi. Beberapa kebutuhan yang diperlukan, misal sewa/bikin kostum, sewa/angkut properti, atau sewa tempat. Hal-hal itu emang bakal bantu kamu untuk bikin foto buku tahunan yang wah dan memberi kesan, tapi juga bakal ngeluarin lebih banyak uang. Ketika kamu pingin tema itu tapi temen-temen kamu nggak punya finansial yang cukup baik, bakal sangat menyulitkan dan malah beban buat mereka. Kecuali kamu mau menanggung biaya yang mereka bayar, pokoknya kalo bisa pake tema yang irit biaya jangan membuat tema yang harus mengeluarkan biaya banyak.

Perkirakan cuaca dan kondisi wilayah setempat

Mengira- ngira cuaca dan kondisi wilayah setempat juga penting untuk diperhatikan. Kamu pilih lokasi outdoor, cukup jauh, tapi sayangnya sedang musim hujan ditanggal yang telah dijadwalkan. Ini juga bakal ngerugiin kamu, rugi dari segi waktu dan tenaga. Ketika tema buku tahunan kamu membuat kamu harus tampil rapi, tapi hujan, nggak ada pilihan lain selain nunggu hujan reda. Tapi nunggu reda bakal bikin waktumu dan tenagamu kebuang sia-sia. Walaupun kamu bisa mengulang lagi hari lain pas nggak hujan, tapi waktu dan tenaga kamu yang kamu habiskan hari itu bakal sia-sia banget. Kan sayang :’) Buat kamu yang tertarik dengan tema indoor atau outdoor kamu bisa klik artikel tema buku tahunan lokasi indoor dan tema buku tahunan sekolah outdoor

Tentukan waktu yang sesuai

Menentukan waktu yang sesuai dimaksudkan disini adalah saat kamu hanya punya waktu yang terbatas. Waktu yang terbatas ini bukan karena yearbook organizer yang membatasi, tapi karena nggak semua temen sekelas kamu punya waktu luang sama banyaknya. Saat hanya punya waktu sedikit sedangkan tema foto buku tahunan kamu butuh effort yang banyak, seperti dandan, ke lokasi foto, dan sebagainya, tentu bakal makan waktu kamu juga. Apalagi kalau kamu juga harus survey lokasi, kostum, atau properti dulu.

Ketiga poin tadi bisa kamu jadikan bahan pertimbangan untuk memilih tema foto buku tahunan kamu. Salah satu alternatif solusi tema foto buku tahunan berdasarkan ketiga pertimbangan di atas adalah tema foto buku tahunan kehidupan sekolah. Di buku tahunan kamu, kamu bisa mengulang kembali setiap langkah atau kegiatan yang kamu lakukan selama 3 tahun berada di sekolah.

Tapi udah banyak yang pake tuh kak, gimana dong? Banyak yang pake tapi bukan berarti setiap ceritanya sama kan? Setiap sekolah emang membuat acara MOS, tapi cara MOS tiap sekolah pasti beda dan bisa dijadikan ide menarik untuk tema. Tiap sekolah ngadain pensi, tapi pensi sekolah kamu sama sekolah mereka juga pasti beda kok. Jadi, nggak masalah ketika kamu pakai tema kehidupan sekolah, minim biaya, lokasi nggak jauh, nggak perlu survey, nggak masalah kalo hujan karna bisa diakali, dan nggak perlu repot cari kostum, dan sebagainya.

Atau kamu punya ide tema foto buku tahunan lain yang keren tapi juga nggak bikin susah? comment below here guys 🙂

 

No Comment

leave a Comment

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.