Hal kecil yang kamu anggap sepele pas Ujian Nasional

Ujian Nasional tinggal menghitung hari nih guys. Tepatnya tanggal 4 April nanti temen- temen kelas 3 akan menjalani ritual ini hehe. Selain belajar dan menyiapkan mental untuk UN nanti, ada juga loh hal yang ngga kalah penting yang ngga boleh temen- temen lewatkan. Apa ajasih hal kecil yang gaboleh temen- temen sepelekan? Keep scroll down guys

1. Kartu Ujian Nasional

HAL KECIL YANG KAMU ANGGAP SEPELE PAS UJIAN NASIONAL 2

Kartu UN merupakan perlengkapan yang wajib dibawa, tanpa adanya kartu UN, kamu tidak bisa mengikuti tes UN. untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, kamu bisa melaminating kartu Ujian Nasional mu, dan menyimpan nya di pencil case kamu supaya ngga rawan tertinggal, wanti- wanti aja kan seandainya kamu ganti tas, pencil case kamu tetap terbawa.

2. Jangan sampe lupa sarapan

HAL KECIL YANG KAMU ANGGAP SEPELE PAS UJIAN NASIONAL 3

 

Point ini nih yang sering banget di anggep sepele. Padahal breakfast ini sangat penting loh sebelum kamu berangkat ke sekolah. Apalagi pas mau UN kamu harus pastikan kalo perut kamu ter isi, walaupun cuma selembar roti dan segelas susu gapapa ko, yang penting perut kamu ngga bener- bener kosong. Soalnya, ketika nanti kamu ngerjain soal UN dikhawatirkan perut kamu keroncongan karna kelaperan, dan alhasil kamu malah ngga fokus waktu ngejawab soal UN. So, don’t forget to breaksfast guys!!

3. Siapkan Pencil 2b

HAL KECIL YANG KAMU ANGGAP SEPELE PAS UJIAN NASIONAL

 

Pensil 2b merupakan perlengkapan yang urgent dibawa oleh setiap peserta UN. Karena, ya pastinya temen- temen udah taulah kalo lembar jawabannya masih pake LJK, dan pastikan juga kalo temen- temen ngga hanya bawa satu buah pensil 2b aja ya, minimal bawa deh 2 pensil 2b, lebih dari 2 malah lebih baik. Pastikan juga pensilnya aseli ya hehe

 4. Penghapus khusus pensil 2b

HAL KECIL YANG KAMU ANGGAP SEPELE PAS UJIAN NASIONAL 5

 

Ingat jangan memakai penghapus abal-abal ya dalam mengerjakan soal SBMPTN. Dikhawatirkan sih kalo kamu sembarangan pake penghapus nanti bisa merusak kertas LJK mu, kan berabe.

5. Penyerut pensil atau Rautan

HAL KECIL YANG KAMU ANGGAP SEPELE PAS UJIAN NASIONAL 7

Gunanya rautan ini sih buat jaga-jaga aja ya barangkali pensilnya patah. Takutnya kan nanti kamu kebingungan, ketika pensilmu tumpul atau patah dan kamu ngga bawa rautan. Kalo mau pinjem sama temenmu nanti malah jadi perhatian pengawas dan kamu dicap ganggu temen- temen yang lagi fokus ngerjain soal.

6. Tissue dan Papan Ujian

HAL KECIL YANG KAMU ANGGAP SEPELE PAS UJIAN NASIONAL 1

Tissue disini, gunanya untuk membersihkan lembar jawaban dan tangan apabila kotor. Tissue ini penting banget loh dibawa, khususnya bagi temen- temen yang telapak tangannya sering basah karena nerveous. Kalo gabawa tissue kan nanti takutnya lembar jawabanmu rusak karena basah yang dsebabkan sama telpak tangan temen- temen yang basah.

Sedangan papan ujian berguna ketika meja yang temen- temen pakai tidak mulus, dan temen- temen bisa menggunakan papan ujian untuk tes UN nanti.

7. Jam Tangan Analog (opsional)

HAL KECIL YANG KAMU ANGGAP SEPELE PAS UJIAN NASIONAL 6

 

Menggunakan jam tangan penting banget loh guys, gunanya sih supaya kita bisa ngatur waktu pas ngerjain soal UN nanti, jadi kita tau berapa waktu yang tersisa.  Soalnya gini, ada kasus dimana client abank waktu tes UN tahun lalu, diruangannya tes gak ada jam dinding. Dan parahnya lagi dia gak bawa jam tangan. Alhasil si client kurang cepat membagi waktu dalam mengerjakan soal. Tahu-tahu waktunya 5 minutes left, kata pengawas UN nya.
Ada isu yang beredar sih, katanya peserta UN dilarang membawa jam tangan. tapi yang abank tahu jam tangan analog itu boleh kok dibawa gak dilarang. Kalo abank sih kasih saran, temen- temen tetep aja bawa jam tangan, dibolehin atau nggaknya biar nanti urusan pengawas.

Jangan anggap masalah kecil itu sepele ya, karena masalah yang kecil bisa saja menjadi besar karena diabaikan dan disepelekan. #Fighting for UN 2016 #GOODLUCK

No Comment

leave a Comment

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.