HOW TO MAKE A SIMPLE POP UP CARD

Pop Up adalah kesenian kertas yang ternyata bisa kamu coba bikin sendiri loh. Ada beberapa jenis pop up, diantaranya pop up 90 derajat dan 180 derajat. Pop up ini biasanya digunakan sebagai kartu ucapan, scrap book, dan kreasi lainnya. Selain itu pop up juga bisa kamu gunakan sebagai salah satu fitur untuk buku tahunan sekolahmu. Kebayang dong gimana kerennya buku tahunan sekolahmu kalo pake pop up? keren bangetlah pasti hehe. Berikut ini ada cara sederhana buat kamu para pemula yang mau mencoba bikin pop up card sendiri, yuk disimak 😀

Siapkan bahan- bahan yang kamu butuhkan                                                         

  1. Kertas (kertas cetak, kertas hias/kertas gula, kertas kaku/kertas karton, atau kertas sisa/scrapbook)
  2. Gunting
  3. Lem atau double tape
  4. Spidol, krayon, pensil warna, alat tulis
  5. Amplop
  6. Hiasan (opsional)
  7. Penggaris (opsional)
  8. Bone folder/jarum rajut (opsional)

 

Langkah- langkah

  1. Potong selembar kertas berwarna yang berbentuk persegi panjang.

Langkah pertama, pastikan ukuran kartu yang sebenarnya dua kali lebih panjang dari amplop dan bentuk pop-upnya satu setengah kali dari panjangnya yaa. Karena, Pop up yang terlalu besar bisa menyulitkan kamu pada saat akan membentuk. Pokoknya, pastiin lipatan kertasnya lurus dan tegas yaa.

900px-Make-a-Pop-Up-Card-Step-1-Version-3

source: wikihow.com

 

  1. Lipat menjadi dua bagian sisi-sisi pendek bersama-sama.

Beri lipatan yang tegas dengan kuku jari kamu atau menggunakan tepi penggaris. Pastikan itu  bener- bener lurus yaa

900px-Make-a-Pop-Up-Card-Step-2-Version-3

source: wikihow.com

 

 

  1. Buat dua potongan.

Potong sekitar 2,5 cm panjangnya. Pemotongan harus dibuat dari tepi yang dilipat pada kartu tersebut untuk membuat lipatan pop up. Kamu bisa membuat potongan lebih dalam atau lebih lebar jika kamu mau, tergantung pada ukuran pop up. Pop up yang lebih besar membutuhkan lipatan yang lebih besar. Dan sebaliknya 🙂

900px-Make-a-Pop-Up-Card-Step-3-Version-3

source: wikihow.com

 

  1. Lipat penyangga pop-upnya.

Lipat penyangga pop up tadi ke depan, kemudian lipat kembali ke belakang kartu. Bukalah kartu tersebut dan dorong lipatan itu ke arah luar. Cubit bagian tengah lipatan itu supaya lebih naik, sehingga terlihat dengan jelas bentuk pop- up yang kamu ingin buat nanti.

900px-Make-a-Pop-Up-Card-Step-4-Version-3

source: wikihow.com

 

  1. Tentukan apa yang ingin kamu jadikan sebagai pop up.

Nah, sekarang waktunya tentukan pop up yang ingin kamu gunakan. Bisa jadi  gambar hadiah, nama, hati, ptongan foto, atau apapun yang kamu suka. Potong bentuk pop-up kamu dan tempelkan di depan penahan pop-up – yaitu, bagian yang vertikal saat bagian dasar, di dalam bagian kartu yang rata dengan meja saat kartu dibuka. Lem nya ditunggu sampe bener- bener kering ya, biar ngga gampang copot 😀

Oiya, untuk langkah ini, lebih baik kamu gunakan lem batangan ya. Karena, kalo pake yang di wadah bisa meleber kemana- mana, malah bisa menyebabkan kotor dan lembab pada pop up card mu.

900px-Make-a-Pop-Up-Card-Step-5-Version-3

source: wikihow.com

 

 

  1. Finishing

 

Yey, tahap terakhir. Simple aja, tulis pesan atau sejenisnya yang kamu pengen, masukkan ke dalam amplop dan berikan pada orang yang kamu tuju. Kalo kamu punya hiasan lain, kaya misalnya pita, glitter, stiker, stempel, atau bahan-bahan kreasi tempel lainnya di sekitar rumah, kamu bisa gunain loh, supaya simple pop up card mu terlihat lebih cantik.

900px-Make-a-Pop-Up-Card-Step-6-Version-3

source: wikihow.com

 

 

Metode diatas, merupakan langkah- langkah yang paling mudah untuk membuat kartu pop up. Kalo kamu main ke kantor abankirenk nih, kamu bisa lebih menemukan banyak pop up yang keren- keren disana, dan pastinya kamu akan terkagum- kagum mandanginnya hehe. Selamat membuat pop up card sendiri ya 😀 semoga bermanfaat :p

 

 

No Comment

leave a Comment

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.