Kenapa Harus Maksimal di Ujian Nasional?

Ujian Nasional makin deket aja, udah sebulan lagi. Persiapan yang dilakuin juga meningkat banget, dari yang biasanya masih bisa main, sekarang dikurangi banget, atau bahkan distop. Sebenernya kenapa sih harus susah banget ngadepin Ujian Nasional? Kan sama aja kayak ujian-ujian lainnya kan?

Ujian Nasional ini sebenenernya emang nggak jauh beda dibandingin UAS biasanya. Kalo UAS nggak lulus nanti nggak naik kelas, kalo Ujian Nasional nggak lulus nggak lulus sekolah. Ya walaupun nggak jauh beda, tapi efeknya lumayan juga kan.

Selain itu juga, hasil Ujian Nasional tahun 2015 ini nantinya bakal dipake sebagai salah satu pertimbangan untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri bagi yang mendaftar melalui SNMPTN. Kalo nilai Ujian Nasional nya nggak bagus, nanti bisa menghambat kamu di seleksi SNMPTN ini dong. Ya walaupun bukan penentu utama, tapi kalo kurang maksimal kan juga bikin kamu khawatir dong.

Sebenernya, kalo kamu serius terus waktu sekolah mulai dari kelas 1 semester 1 sampe kelas 3 semester 1, kamu nggak perlu pusing belajarnya, karena materinya nggak akan jauh dari materi yang kamu dapet selama sekolah. Tapi namanya SMA, masa iya serius terus, iya nggak? Pasti ada masa lagi nakal-nakalnya, lagi bandel, iseng, dan nyobain ini itu. Dan mau nggak mau bikin belajar kamu agak keteteran. Yah, jangan sedih. Kamu masih punya waktu untuk mengejar ketertinggalan kamu kok.

Selain itu, buat kamu yang pingin cari beasiswa dari awal kuliah, nilai Ujian Nasional kamu juga jadi salah satu pertimbangan untuk mendapatkan beasiswa, karena kamu baru masuk dan belum memiliki IP. Kalo kamu nilainya biasa aja, bisa kalah saing sama yang lain nanti.

Yuk, semangat menuju Ujian Nasional 2015 😀

3 Comments

leave a Comment

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.