Mac vs PC

Salah satu perdebatan yang sering terjadi dalam dunia komputer adalah Mac vs PC. Mac, yang merupakan produk apple ini, sering digunakan oleh para desainer di dunia. Sedangkan PC, yang biasanya menggunakan operation system Microsoft, mendominasi hampir seluruh bisnis di dunia. Jika ingin melihat keduanya dari sisi pekerjaan desain grafis, fokus utama yang perlu diperhatikan adalah penanganan terhadap grafis, warna, dan penulisan, ada tidaknya software, kemudahan penggunaan secara keseluruhan.

Grafis, Warna, dan Penulisan

Penanganan terhadap grafis, warna, dan penulisan adalah porsi yang sangat siginfikan dalam pekerjaan desain grafis. Karena apple memiliki sejarah yang panjang sebagai komputernya desainer, mereka selalu fokus dalam meningkatkan penanganan terhadap warna dan font, terutama yang bersangkutan dengan hal yang berpindah dari layar ke file yang akan diprint. Jika kamu harus memilih antara Mac dan PC hanya berdasarkan faktor ini, Apple sudah jelas menjadi juaranya. Namun hal yang sama bisa diraih oleh PC. Untuk desain web, tidak ada yang benar-benar memenangkan ini, harus memastikan terlebih dahulu bahwa ia dapat mengakses kedua sistem operasi untuk melakukan tes pada website terhadap kedua platform.

Mac vs PC Software

Selama fokus pada desain grafis, tidak ada perbedaan yang signifikan antara software yang tersedia pada Mac atau PC. Semua aplikasi yang banyak digunakan, termasuk Adobe Creative Suite, telah dibuat pada kedua platform tersebut. Karena Mac kadang dikenal sebagai komputernya desainer, ada beberapa alat dan aplikasi yang hanya bisa digunakan pada Mac. Secara keseluruhan, lebih banyak software yang tersedia untuk PC, terutama jika kamu fokus pada industri tertentu, game, atau 3D rendering (misal untuk arsitek)

Kemudahan penggunaan

Apple sudah jelas fokus pada sistem operasi yang mudah dalam penggunaanya, memperkenalkan fitur baru yang masing-masing merilis peningkatan pada pengalaman penggunanya. Integrasi antar aplikasi membuat mereka memiliki alur kerja yang bersih dan mudah. Sementara ini yang paling terlihat dalam aplikasi konsumen seperti iPhoyo dan iMovie, yang kemudia dilanjutkan ke tools profesional dan produk pihak ketiga. Sementara Microsoft meningkatan pengalaman pengguna dalam sistem operasi Windows, pada akhirnya yang lebih mudah dalam penggunaannya adalah Apple.

Kesimpulan

Secara umum, Mac biasa disebut juga dengan desain grafis, dan begitu juga grafis dan kapabilitas font mereka yang sangat baik, serta kemudahan penggunaan. Kelemahan Apple memang pada harga, tapi kalau kamu menginginkan Mac dan terpaku pada budget, pertimbangkan konsumen level iMac, yang memiliki kekuatan penuh untuk tugas desain grafis, atau model yang diperbaharui. Pada akhirnya, terutama saat memulai, kamu akan melakukan sama baiknya dengan PC. Dengan belanja cerdas, kamu bisa mendapatkan hal dengan kekuatan yang sama dengan uang yang lebih sedikit dibandingkan dengan Mac. Dan kamu akan menggunakan software desain yang sama, kreatifitas yang kamu miliki, dan komputer yang tidak menghabiskan banyak biaya, akan menentukan hasil dari pekeerjaan kamu 😀

1 Comment

leave a Comment

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.