Musim Hujan Mulai Datang, Yuk Cegah Semua Penyakit!

Pergantian musim dan musim hujan emang rentan sama sakit, mulai dari sakit ringan semacam pilek sampe yang parah, yaitu demam berdarah. Kita harus pinter-pinter antisipasi supaya jauh-jauh dari penyakit nih. Untuk menjauhkan diri kita dari penyakit tersebut, yuk simak apa aja yang harus kita siapin supaya badan tetap fit walau lagi musim hujan 🙂

Siap sedia payung

Sama kayak peribahasa yang sering kita denger, sedia payung sebelum hujan, itu nggak cuma dijadiin peribahasa aja lho, tapi juga diartikan secara harfiah. Harus banget yang namanya sedia payung di tas, apalagi buat para pengendara kendaraan umum dan motor. Kalo motor diparkirnya jauh dan akses ke sana nggak ada pelindung dari hujan, kan repot juga kalo basah-basahan. Apalagi kalo mau kuliah, dan sekolah, hujan, basah, duduk di bagian yang kena AC, alamat langsung flu pasti.

tema-buku-tahunan-hujan-02

Konsumsi makanan bergizi

Ketahanan imun setiap orang beda-beda, ada yang kuat banget ada juga yang lemah. Musim hujan gini, imun-imun bakal banyak diserang sama penyakit nih. Untuk memperkuat imun, kamu bisa mengonsumsi makanan bergizi. Kalo biasanya makan junkfood terus, ganti jadi sayur-sayuran. Kalo perlu, konsumsi juga vitamin C. Kandungan dalam sayuran dan vitamin tadi bakal memperkuat benteng yang dibikin sama si imun. Kalaupun akhirnya sakit, setidaknya nggak bakal parah 😀

Sop_Buah_buka_puasa

Cuci tangan

Nggak cuma pas musim hujan aja, tapi di musim lain kamu juga wajib banget cuci tangan, terutama setelah bepergian dan sebelum makan. Tangan merupakan salah satu bagian tubuh yang paling banyak terpapar dengan udara luar dan benda-benda lain, selain itu juga tangan menyentuh banyak hal. Kita nggak tau seberapa banyak kuman dan virus yang ada di tangan, jadi sering-sering buat cuci tangan ya 😀

 

Bersihkan rumah

Musim hujan gini pasti bakal banyak genangan di sekitar rumah. Genangan-genangan ini bisa jadi sumber penyakit. Nggak cuma genangan, seluruh penampungan air, seperti bak mandi, ember, dan lain-lain, juga punya potensi untuk jadi sumber penyakit, terutama demam berdarah. Kamu harus rajin-rajin ngebersihin genangan dan tempat penampungan air supaya nggak jadi tempat berkembang biak nyamuk aedes aegypti. Tumpukan barang atau gantungan baju juga bisa jadi tempat mainnya nyamuk-nyamuk nih. Harus banget mulai rajin beres-beres

kantor-abankirenk-2

Keliatannya emang ribet banget nih, tapi lebih baik ribet kan daripada sakit?

No Comment

leave a Comment

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.