Olahraga Yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Naik Gunung

Setelah adanya film 5 cm, minat orang-orang Indonesia untuk naik gunung meningkat pesat. Hal tersebut menimbulkan dampak positif dan negatif. Dampak positifnya adalah makin banyak yang mencintai alam Indonesia. Banyak penikmat alam seharusnya akan meningkatkan kesadaran orang-orang untuk menjaga alamnya. Dampak negatifnya, jika si pendaki gunung ini karbitan, dia tidak menyiapkan segala sesuatunya untuk naik gunung, tingkat kecelakaan dalam pendakian akan meningkat karena kurangnya persiapa tadi.

Sebenernya apa aja sih yang harus disiapin? Banyak! Gunung nggak kayak kota yang serba ada, kamu harus menyipkan fisik kamu sebaik mungkin. Begitu juga dengan logistik. Pastikan cukup dan kamu nggak akan kelaparan. Kalo sampe kelaparan ya bakal nyusahin yang lain nanti.

Untuk persiapan fisik, ada beberapa olahraga yang sebaiknya kamu lakukan sebelum kamu naik gunung. Apa aja? Yuk simak dulu.

 

Olahraga Kardio

Olahraga Kardia ini adalah olahraga yang membakar lemak, memperbaiki sistem paru-paru, melatih otot jantung, dan melancarkan sirkulasi darah. Hasilnya, sistem pernafasanmu akan lebih teratur dan tubuhmu akan lebih ringan untuk dibawa mendaki gunung.

Jogging bisa menjadi alternatif olehraga kardio. Selain murah dan mudah, jogging bisa memperkuat otot kaki sehingga saat naik gunung kamu tidak mudah lelah. Waktu yang paling tepat untuk jogging adalah sebulan sebelum pendakian secara rutin.

Kamu juga bisa berlatih dengan bersepeda. Cari trek sepeda yang menanjak sehingga akan memperkuat kaki kamu. Kalo barusan mulai sepeda, kamu bisa mencari rute yang mudah, baru secara perlahan kamu tingkatkan rute kamu.

 

Penguatan Otot

Selain olahraga kardio, kamu juga perlu menguatkan otot agar kamu lebih gesit bergerak. Kamu bisa mulai dengan latihan naik turun tangga. Nggak cuma sekedar meningkatkan kekuatan otot kaki dan stamina, kamu juga bisa melatih kemantapan kaki untuk menapak pada jalan dalam segalam kondisi. Ketika sudah mantap, kamu nggak perlu khawatir saat berjalan pada kondisi apapun.

Kamu juga bisa melatih dengan squat. Squat akan memperkuat kekuatan otot dan kemantapan langkah. Kamu bisa melakukan dengan 5 x 30 detik squat setiap harinya. Nggak perlu langsung 5 set, kamu bisa selesai satu set kemudian istirahat sebentar, asal jangan kelamaan aja.

Latihan otot lainnya bisa kamu lakukan dengan push up dan back up. Push up akan membantu kamu menguatkan otot tangan yang akan kamu gunakan untuk merangkat atau memajat jika diperlukan. Sedangkan back up akan memperkuat punggung kamu dalam menopang carrier.

 

Mengatur Pernapasan

Trek pendakian yang terjal, tas yang berat, jarak yang jaub tentu akan membuat kamu ngos-ngosan. Belum lagi ketinggian akan membuat tekanan udara semakin besar yang juga akan mempersulit pernapasan kamu.

Kamu bisa mengatasi ini dengan senam. Senam dapat melatih sistem pernapasan kamu sehingga lebih teratur. Kamu juga bisa dengan renang 2 kali seminggu. Kamu nggak cuma bisa mengatur napas, tapi juga menguatkan otot tangan dan kaki dengan berenang.

No Comment

leave a Comment

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.