Pilih Universitas Negeri atau Swasta?

Sebelum memilih jurusan dan universitas yang kamu akan mendaftaran diri, perlu banget menilai kemampuan kamu. Nggak cuma kemampuan untuk masuk lho, tapi juga kemampuan untuk bertahan disana. Tapi yang pertama kamu nilai adalah kemampuan untuk masuk.

Sama seperti saat memilih jurusan, kamu bisa menilai kemampuan kamu dari nilai UTS, UAS, dan ulangan harian. Kamu bisa jadikan itu sebagai patokan. Selain itu, kamu juga bisa lihat dari hasil tryout kamu. Tryout biasanya diikuti oleh teman-teman satu daerah. Nah, kalo nilai kamu nggak terlalu tinggi, jangan terlalu berani untuk mengambil jurusan dengan passing grade tinggi di universitas yang banyak diminati.

Nah, kalo udah gitu gimana kak? Ganti jurusan? Pilih PTN lain, tapi kualitasnya nggak sebaik PTN yang dipinginin? Apa pilih PTS?

PTN atau PTS?

Pilihan ini emang sering banget bikin galau orang-orang yang mau masuk kuliah. Ketika kamu nggak keterima di jurusan yang kamu idam-idamkan di PTN yang kamu tuju, mending pilih jurusan lain yang ga terlalu kamu suka di PTN tersebut, pilih jurusan yang sama di PTN lain tapi di luar kota, atau jurusan yang sama di PTS di kota kamu.

Hal-hal yang kamu harus pertimbangkan pertama adalah finansial. Kalau misal kamu memiliki finansial yang cukup, kamu bisa pilih PTN lain di kota lain dengan kualitas yang tidak jauh berbeda. Walaupun sama-sama PTN, tapi kalau di luar kota, perlu biaya kos dan makan. Dan itu nggak sedikit, jadi perlu finansial yang cukup juga.

Atau buat kamu yang nggak mau ke luar kota jauh dari rumah, kamu bisa ambil PTS di kota kamu. Tapi kan PTS kan sama-sama mahal kayak kuliah di luar kota? Ini bisa diakali dengan beasiswa. Selain ngurangi beban biaya, bangga lho bisa jadi salah satu penerima beasiswa.

Kamu juga perlu lihat kualitas atau akreditasi dari universitas tersebut. Misal kamu nggak mau keluar dari tempat tinggal kamu dan memiliki finansial yang cukup, apakah kamu harus memilih PTS atau PTN lain dengan kualitas yang berbeda. Kalo kita sarankan adalah PTS jika kualitasnya lebih baik dari PTN yang lain itu. Kenapa? Karena saat melamar kerja, perusahaan juga akan melihat asal universitas kamu, apakah memiliki akreditasi yang baik atau tidak 🙂

Nggak cuma akreditasi, kamu juga bisa lihat dari alumni yang keluar dari PTN lain atau PTS tersebut. Apakah alumni mereka bekerja di perusahaan ternama. Atau bisa juga dilihat dari keaktifan mahasiswanya, kegiatan yang diadakan yang berhubungan dengan jurusan tersebut atau lomba yang dimenangkan. Walaupun PTS, tapi kadang bisa lebih aktif daripada PTN lho 😉

Nah, semoga bisa jadi bahan pertimbangan temen-temen untuk memilih ya 😀 udah nggak bingung lagi kan?

 

No Comment

leave a Comment

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.