REDUCE USE OF PLASTIC

Sebagai penghuni Bumi, kita harus turut berperan serta dalam menjaga kelestariannya. Ibarat kata rumah, kamu pasti akan menjaga kebersihan rumah kamu, kerapiannya, dan segala kelengkapannya supaya kamu bisa tetap meninggali rumah kamu dengan nyaman.

Kamu tentu pernah denger dong banyaknya jumlah sampah yang ada di muka bumi ini? Dan sebagian sampah yang ada merupakan sampah plastik. Kamu juga pasti pernah denger dong berapa lama plastik bisa terurai di tanah? Bisa lebih dari 1000 tahun lamanya.

Nah, kamu nggak mau kan kalo suatu saat bumi kamu penuh sama sampah plastik? Yuk, jadi salah satu orang yang berkontribusi mengurangi sampah plastik!

  1. Say No to Plastic Bag

Gunakan tas plastik yang sudah kamu miliki di rumah atau tas belanja lainnya. Kamu pasti punya tumpukan tas plastik yang udah pernah dipakai sebelumnya kan? Kamu bisa sediakan tas plastik itu di semua tas kamu, jadi kaau belanja tinggal gunakan tas plastik tersebut. Nah, bisa juga dengan menggunakan shopping bag yang sekarang sudah banyak dijual oleh minimarket/

  1. Use your own reusable water bottle

Kebanyakan dari kamu akan membeli air mineral di luar saat bepergian. Sampah dari botol air mineral ini juga plastik yang susah diurai lho. Kamu bisa ganti dengan membawa air mineral sendiri kemana-mana menggunakan reusable water bottle. Akan lebih baik lagi kalau botol minuman kamu dari stainless steel.

  1. Replace plastic item with glass or stainless steel

Kalau ada barang-barang kamu yang terbuat dari plastik dan sudah tidak terpakai, misal alat makan atau botol minuman, kamu bisa ganti barang tersebut dengan bahan kaca atau stainless stell yang lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan plastik.

  1. Keep a set of silverware

Untuk kamu yang kos atau kantoran, atau suka beli makanan dibungkus dan dibawa ke kampus kalo lagi ngerjain tugas, sebaiknya kamu simpan alat makan dari stainless steel kamu di tas, di kos, maupun di meja kerja kamu. Hindari penggunaan plastik untuk alalt makan kamu sebanyak mungkin.

  1. Use reusable bags, glass container or stainless steel lunch boxes

Kalo kamu hobi bawa bekal makanan, ada baiknya kamu gunakan box dengan bahan stainleess steel atau kaca. Kalau kamu suka membeli makanan di warung dibungkus, bawa kotak makanmu sebagai tempat makanan yang kamu pesan, menghindari penggunaan plastik dan kertas minyak atau steroform.

  1. Compost your trash

Sisa makanan merupakan salah satu sampah yang cukup banyak di rumah tangga. Kamu bisa gunakan sisa makanan atau kertas menjadi kompos untuk tanaman kamu di rumah. Mengurangi sampah ini bisa mengurangi penggunaan trash bag di rumah kamu.

  1. Can your ownd food in glass jars

kamu tentu sering membeli makanan dalam bentuk takaran, misalnya saja cemilan. Kamu bisa bawa toples makanan kamu langsung ke penjual untuk menghindari penggunaan plastik. Dan gunakan toples makanan yang terbuat dari kaca ya, jangan pakai yang berbahan plastik 😀

Walaupun keliatannya agak ribet, tapi efek jangka panjangnya akan menyenangkan kok 😀

infographic-reduce-plastic

No Comment

leave a Comment

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.