Ritual Tahun Baru

Udah minggu ketiga Desember aja nih, bentar lagi udah mau ganti tahun ke 2015. Nggak kerasa udah abis aja 2014 nya. Gimana, udah dapet apa aja nih tahun ini? Menuju ganti tahun gini biasanya ada beberapa hal yang dilakukin. Apa aja sih? Yuk dicek

Pertama, biasanya akhir tahun dijadikan untuk introspeksi diri. Kita lihat satu tahun ke belakang, apa aja sih yang udah dilakukan. Achievment apa aja yang udah didapetin selama satu tahun ini? Kesalahan atau kegagalan apa aja yang udah terjadi? Sebenernya introspeksi ini sebaiknya dilakukan setiap hari, supaya lebih mudah mengingat kejadian-kejadian tersebut. Tapi kalo mau akhir tahun juga boleh sih.

Terus kalo udah instrospeksi ngapain? Kita liat lagi nih, apa aja yang udah dicapai tahun ini, apa aja yang udah didapetin. Ketika udah dapet list semua yang dicapai dan didapetin, waktunya kita bersyukur kepada Tuhan. Kita cenderung akan datang ke Tuhan kalau lagi susah atau sedih, tapi lupa pas dapetin banyak hal. Ini salah satu waktu untuk bersyukur, mengucapkan terima kasih.

Begitu juga waktu kamu udah dapet daftar kesalahan atau kegagalan yang terjadi selama setahun ini. Kamu bisa lihat lagi apa sih penyebabnya hal itu terjadi. Kamu bisa jadikan itu pelajaran supaya tidak terjadi lagi dan meminta sama Tuhan agar dijauhkan agar tidak terjadi kedua kalinya.

4eb501f20bdaef10227591b41f394f4a

Nah, kalo udah instrospeksi, biasanya pada bikin resolusi. Ada yang bikin resolusinya beneran, ada juga yang ikut massa aja :p Yang bikin resolusi ini beneran, kamu bisa liat dari hal-hal yang udah terjadi selama setahun. Kamu bisa susun berdasarkan kegagalan yang udah terjadi, supaya di tahun depan kamu bisa sukses. Kamu juga bisa lihat dari apa yang udah kamu dapetin. Kamu bisa targetin untuk dapetin minimal hal yang sama untuk tahun ini, syukur-syukur kalo bisa kasih target lebih dari itu. Tapi, jangan sampe resolusi kamu nggak realistis ya. Akan lebih bagus kalo kamu pasang target yang tinggi, jadi kamu bisa usaha keras untuk mewujudkan. Tapi kalo ketinggian juga bakal nyusahin diri sendiri kan?

Kalo udah nih, susun rencana ngerayain tahun baru bareng temen-temen 😀 Ini penting lho 😀 Nggak perlu bikin rencana yang muluk-muluk semua serba ada. Tapi bikin aja yang cukup. Tentuin budgetnya dulu, kalo udah tentuin lokasinya. Nggak harus yang jauh atau yang bagus banget. Kalo emang budget nggak banyak. Pilih aja rumah temen yang bisa nampung cukup banyak, jadi lumayan bisa irit. Tapi pastiin juga kalo orang tuanya nggak keberatan ya 😀 Nah kalo udah tau tempatnya, siapin makanan dan minumannya. Kalo mau praktis, beli jadi. Kalo mau seru bisa masak sendiri, barbeque an ala-ala gitu :p Dan bisa juga siapin kembang api nih biar makin seru. Tapi buat yang di rumah, pastikan memungkinkan buat nyalain kembang api ya. Ntar kalo ternyata perumahan padat penuh kabel listrik gitu kan ngeri juga 🙁

541263374a443aa400350f2853d64c72

Udah siap menyambut tahun 2015 belom?

No Comment

leave a Comment