Tips buat kamu agar bisa belajar lebih efektif

Makin deket Ujian Nasional dan SNMPTN/SBMPTN, tuntutan untuk belajar keras makin tinggi nih. Tapi kadang kita nggak bisa bener2 fokus belajar disebeabkan karna beberapa lasan, mungkin bisa karena lagi capek, sakit, atau nggak enak badan, atau karena susana hati dan lingkungan yang kurang mendukung. Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menunjang itu semua, yuk kita cek!

  1. Using match furnitures to your room

Kalo kamu punya waktu, ruang, dan uang yang cukup, bisa nih kamu alokasikan untuk menambah atau mengganti perabot kamar kamu dengan yang cukup nyaman. Kamu bisa ganti meja kamu dengan yang lebih besar, atau menambah meja kecil, atau ganti kursi yang lebih nyaman. Perabot ini penting banget karena kamu bakal menghabiskan banyak waktu disana, kalo nggak enak kan susah juga.

  1. Buy the good stationaries

Biasanya yang kayak gini yang cewek nih. Beli alat tulis yang lucu dan cukup menarik perhatian, akhirnya bikin kamu tambah semangat. It works on some people 😀 Atau paling nggak beli stabilo atau post it untuk menandai hal-hal penting di buku kamu.

  1. Turn off your phone cell

Lumayan banyak nih yang gampang keganggu sama suara notifikasi dari handphone, bahkan cuma sekedar layar yang nyala, tanpa suara dan getar juga banyak yang kedistraksi. Daripada dikit-dikit keganggu, mending dimatikan dulu hp kamu selama belajar. Jadi nggak kegoda buat terus- terusan ngecek hp.

  1. Say no to your social media applicati0n for a while

Ini juga jadi salah satu distraksi yang cukup mengganggu, media sosial. Kalo udah bosen belajar, biasanya scrolling media sosial. Sayangnya nggak dikit yang keterusan, kelamaan scrollingnya. Apalagi yang langsung dibuka melalui laptop, dan kamu lagi belajar pake laptop karena materinya berbentuk soft copy. Duh, langsung logout ya!

  1. Manage your documents

Tata lagi catatan, file, contoh soal, dan lain lain ke dalam map. Dipilih lagi dari semua kertas-kertas yang kamu punya itu berdasarkan mata pelajaran, kalo dirasa udah ngga di perlukan buang aja atau di kiloin kan lebih berguna. Jadi akan lebih mudah buat kamu kalo mau cari kertas-kertas tadi.

  1. Make your own schedule learning

Nggak ada salahnya kalo kamu bikin jadwal belajar tiap hari. Misalnya, jam berapa kamu mulai belajar untuk Ujian Nasional dan jam berapa kamu belajar untuk SBMPTN. Atur juga per hari nya kamu akan mempelajari mata pelajaran apa dan mendalami materi yang mana.

  1. Hentikan kebiasaan menunda-nunda

Yang pada punya kebiasaan nunda pekerjaan, harus mulai dibuang jauh-jauh deh. Kalo kamu udah bikin jadwal mau belajar untuk Ujian Nasional matematika jam 4, ya jangan ditunda sampe jam 5. Nanti porsi belajar kamu berkurang, kan sayang

  1. Jangan pakai sistem kebut semalam

Ini juga harus dihindari banget, sistem kebut semalam alias SKS buat ulangan aja nggak sebaiknya dilakukan, apalagi buat Ujian Nasional dan SBMPTN. Jangan baru H-1 minggu baru mulai belajar, bakal keteteran banget pasti :”)

  1. Makan-makanan yang sehat dan teratur

Nggak cuma belajar aja yang perlu dipikirin, tapi kesehatanmu juga. Kalo kamu sakit atau nggak enak badan, belajar pasti nggak bakalan fokus juga. Makan makanan yang sehat, yang menambah gizi, dan tepat waktu. Tidak cukup makan, kandungan karbohidrat, dan protein bisa bikin konsentrasimu buyar lho

  1. Minum banyak air putih

Udah jadi rahasia umum kalo air putih penting banget untuk kesehatan, apalagi yang banyak mengeluarkan energi tiap harinya. Jangan sampe kamu kehausan dan dehidrasi. Kekurangan cairan bisa bikin kamu sakit kepala dan lesu.

  1. Rutinitas itu penting

Rutinitas akan memberi struktur yang jelas pada hidupmu. Kamu jadi tau kapan harus memulai dan mengakhiri sesuatu. Dari rutinitas ini akan terbentuk jam biologis. Secara otomatis tubuh kamu tau kapan harus bangun, tidur, makan dengan jadwal yang pasti. Kamu jadi bisa tau kapan harus meluangkan waktu untuk makan dan lain sebagainya

  1. Make a private group discussion

Walaupun nggak semua orang bisa menggunakan sistem belajar kelompok, tapi belajar kelompok emang menguntungkan. Ketika kamu belajar dengan teman-teman, kamu bisa melengkapi ketidakpahaman satus ama lain. Dari kamu yang nggak ngerti A, karena penjelasan temen-temen kamu, kamu jadi lebih paham 😀

 

No Comment

leave a Comment

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.