Tips Foto dari Pesawat

Perjalanan menggunakan pesawat merupakan alternatif yang cukup banyak dipilih, apalagi kalo lokasi yang dituju sangat jauh. Saat ini harga tiket pesawat sudah tergolong murah, jadi makin banyak alasan kenapa pilih tiket pesawat.

Salah satu kegiatan yang sering dilakukan kalo naik pesawat, terutama untuk perjalanan yang cukup panjang, adalah foto. Yap, dimanapun emang bisa kok foto. Dan seringnya, objek foto berada di luar, ya walaupun nggak jarang juga sih foto narsis.

Nah, buat yang seneng ngambil foto pas di pesawat, ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan supaya hasil foto kamu menarik.

Pilih Tempat Duduk Dekat Dengan Jendela

Kalau kamu ingin foto, tentu saja kamu harus duduk di dekat jendela. Kalo kamu ada di tengah atau bahkan di pinggir dekat jalan tentu bakal mengganggu teman duduk kamu. Dan saat ini maskapai memperbolehkan kamu memilih tempat duduk sendiri, walaupun kadang ada tambahan yang dikenakan. Kalau mau lebih enak lagi, kamu pilih yang jauh dari sayap supaya pemandangannya tidak terhalangi.

Sejajarkan Ujung Lensa Dengan Jendela Pesawat

Kalau kamu tidak ingin terhalang oleh jendela, menghindari framing jendela, dekatkan ujung lensa dengan kaca jendela pesawat. Tapi jangan sampai menempel, karena pesawat bergerak maka ada getaran di jendela yang akan membuat hasil foto kamu tidak maksimal.

Gunakan Manual Fokus

Jendela pesawat memiliki 2 lapisan. Kalau kamu menggunakan auto fokus, akan cukup sulit mengunci fokus melewat kedua lapisan tersebut. Akan lebih baik kalau kamu menggunakan manual fokus atau set titik fokus ke infinity.

Tunggu Pesawat Menukik

Untuk mengambil foto pemandangan di bawah, kamu harus menunggu agar pesawat menukik agar hasilnya lebih baik. Posisi menukik ini biasanya setelah take off atau menuju landing, jadi kamu perlu bersiap-siap pada saat itu.

Setting exposure

Ada baiknya kalau kamu menggunakan shutter speed yang lumayan cepat, mengikuti aturan focal length, atau gunakan speed di atas 1/250 dan makin cepat kalau kamu ingin memotret pemandangan di bawah. Untuk aperture, amannya kamu menggunakan di angka f/8.

No Comment

leave a Comment

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.